Kendala Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Pelaku Perjudian Sabungan Ayam (Tajen) di Wilayah Polsek Sidemen Karangasem Bali

Fahreza, Arief fuddin (2011) Kendala Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Pelaku Perjudian Sabungan Ayam (Tajen) di Wilayah Polsek Sidemen Karangasem Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah kendala penerapan sanksi pidana terhadap pelaku perjudian sabungan ayam (tajen) di wilayah Polsek Sidemen. Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya perjudian sabungan ayam (tajen) yang terjadi di wilayah Kecamatan Sidemen tanpa ada penanganan secara hukum (penerapan sanksi pidana) terhadap pelaku perjudian tersebut. Dalam upaya untuk mengetahui kendala penerapan sanksi pidana terhadap pelaku perjudian sabungan ayam (tajen) di wilayah Polsek Sidemen, maka pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis ini dimaksudkan untuk menggambarkan dan menganalisa secara jelas dan rinci realita praktek perjudian sabungan ayam (tajen) di wilayah Sidemen, upaya dari penegak hukum khususnya kepolisian Sektor Sidemen dalam menerapkan aturan hukum terkait tindak pidana perjudian dengan berdasarkan pada penelitian yang dilakukan terhadap keadaan nyata di masyarakat atau lingkungan masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta, kemudian dilanjutkan dengan menentukan penyelesaian masalah. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada. Kepolisian Sektor Sidemen berdasarkan data kriminal yang ada dalam kurun waktu lima (5) tahun terakhir belum pernah memperoses secara hukum kasus tindak pidana perjudian sabungan ayam (tajen). Kendala yang dihadapi polri dalam penerapan sanksi pidana terhadap pelaku perjudian sabungan ayam (tajen) adalah kultur masyarakat yang menganggap tajen merupakan bagian dari tradisi “tabuh rah” sehingga sabungan ayam (tajen) diadakan pada saat upacara agama atau upacara adat yang membuat polri berada pada posisi yang dilematis antara penegakan hukum dengan menghormati upacara agama atau upacara adat , selain itu dikarenakan kesadaran hukum masyarakat yang masih rendah. Sehingga penyelesaian yang dapat diambil untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam penanggulangan perjudian sabungan ayam (tajen) adalah pengawasan kegiatan upacara agama atau adat yang disetai sabungan ayam, pengintaian ditempat arena tajen atau di jalan raya, pembubaran dengan disertai penangkapan terhadap pelaku di arena tajen, penyelidikan, penyidikan, penahanan, pemberian sanksi pidana dan sosialisasi tentang bahaya perjudian. Menyikapi fakta-fakta tersebut di atas, sangat diperlukan penyuluhan hokum kepada masyarakat tentang pentingnya penanggulangan perjudian sabungan ayam (tajen) dan ketegasan aparat penegak hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/266/051104756
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 31 Jan 2012 15:19
Last Modified: 29 Mar 2022 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111023
[thumbnail of 051104756.pdf]
Preview
Text
051104756.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item