Perlindungan Hukum Bagi Nasabah Dalam Penggunaan Internet Banking Terhadap Tindak Pidana Pencurian Melalui Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit,

Pribadi, Yanuar (2011) Perlindungan Hukum Bagi Nasabah Dalam Penggunaan Internet Banking Terhadap Tindak Pidana Pencurian Melalui Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas mengenai masalah Perlindungan Hukum Bagi Nasabah Dalam Penggunaan Internet Banking Terhadap Tindak Pidana Pencurian Melalui Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit. Hal ini dilatarbelakangi karena perkembangan kejahatan Tindak Pidana Pencurian Melalui Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit semaking tinggi dan sulit untuk ditanggulangi. Penulis mengkaji tentang apakah KUHP, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dapat menjerat pelaku dan memberikan perlindungan hukum terhadap kosumen atau nasabah. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian yuridis normatif. Pendekatannya menggunakan pendekatan perundang-undangan. Jenis dan sumber bahan hukum yang digunakan adalah primer, sekunder, dan tersier. Setelah seluruh jenis dan sumber bahan hukum lengkap, maka dilakukan analisa bahan hukum dengan menggunakan metode interpretasi gramatikal, autentik/resmi, dan ekstensif terhadap pasal-pasal dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh jawaban bahwa unsur perbuatan dalam KUHP terkait dengan kejahatan Tindak Pidana Pencurian Melalui Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit kurang lengkap dan perlu adanya penafsiran ekstensif untuk menafsirkan bentuk perbuatan dan objek agar dapat dikenakan pada pelaku kejahatan Tindak Pidana Pencurian Melalui Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit, sedangkan unsur perbuatan dalam Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dirasa sudah cukup jelas mengatur karena unsur perbuatan dan objeknya sudah diatur dengan tegas dan jelas. Perlu adanya interpretasi ekstensif dalam penggunan Kitab Undang- Undang Hukum Pidana. Oleh sebab itu oleh para penegak hukum untuk dapat menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana pencurian melalui transaksi online menggunakan kartu kredit harus melakukan penafsiran pasal-pasal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/265/051104755
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Mar 2012 09:13
Last Modified: 29 Mar 2022 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111022
[thumbnail of SURAT_PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
SURAT_PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Judul,_Persetujuan_n_Pengesahan,_daftar_isi,_Abstraksi.pdf]
Preview
Text
Judul,_Persetujuan_n_Pengesahan,_daftar_isi,_Abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of revisi_normatif_bab_1,2,3_fix_yg_d_revisi_lagi.pdf]
Preview
Text
revisi_normatif_bab_1,2,3_fix_yg_d_revisi_lagi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_4_dan_5_normatif.pdf]
Preview
Text
Bab_4_dan_5_normatif.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item