Damayanti, Julia Rachma (2011) Peran Tim Pemantau Independen ( TPI ) Pada Ujian Nasional Tahun 2009/2010 di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ujian Nasional ( UN ) merupakan suatu cara yang digunakan oleh pemerintah dalam memantau kualitas pendidikan di Indonesia. Diharapkan dengan dilaksanakannya Ujian Nasional, pemerintah akan mengetahui kualitas siswa yang ada di Indonesia. Selain itu ujian nasional juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil yang telah dicapai selama satu tahun pelajaran. untuk menentukan standarisasi mutu pendidikan dalam melaksanakan proses belajar mengajar di masa yang akan datang, dengan adanya standarisasi mutu pendidikan yang telah diketahui, melalui Ujian Nasional dapat dijadikan tolak ukur untuk meningkatkan mutu sekolah khususnya dam mutu pendidikan pada umumnya. untuk menilai kegiatan belajar mengajar ( PBM ) mana yang perlu mendapat perhatian sehingga mutu pendidikan secara nasional dapat tercapai dengan baik dan sempurna. Pelaksanaan ujian nasional terkadang dalam pelaksanaanya terdapat permasalahan. Permasalahan yang ada seperti terjadinya kecurangan – kecurangan yang dilakukan oleh siswa maupun pihak sekolah. Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah mengambil suatu kebijakan dengan membentuk tim pemantau independen ( TPI ). Tim pemantau independen ( TPI ) inilah yang bertugas untuk melakukan pengawasan jalannya ujian nasional baik sebelum pelaksanaan maupun sesudah pelaksanaan Ujian Nasional. Adapun rumusan masalah yang penulis angkat adalah : 1. Bagaimana peran Tim Pemantau Independen (TPI) pada ujian nasional (UN) Tahun 2009/2010 di Kabupaten Malang ? 2. Apa saja yang menjadi penghambat dalam pengawasan Tim Pemantau Independen (TPI) pada ujian nasional Tahun 2009/2010 di Kabupaten Malang ? 3. Bagaimana mengatasi hambatan pengawasan Tim Pemantau Independen (TPI) pada ujian nasional Tahun 2009/2010 di Kabupaten Malang ? Dalam membahas masalah yang penulis angkat, metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis sosiologis yaitu suatu metode untuk meneliti pelaksanaan suatu regulasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan metode deskriptif analysys. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh suatu hasil bahwa Tim Pemantau Independent dalam hal menanggulangi kecuarangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional mempunyai peran yang penting. Terutama adalah untuk mengawasi supaya tidak terjadi kecurangan. Di kabupaten Malang sendiri dengan jumlah sekolah melebihi 1.000 sekolah dari tingkat Sekolah Dasar sampai sekolah menengah atas tidak menutup kemungkinan kecurangan terjadi. Dan kecurangan tersebut dapat dikurangi dengan adanya Tim Pemantau Independent. Hal ini terbukti dengan tidak adanya suatu permasalahan terkait pelaksanaan Ujian Nasional. Permasalahan yang terjadi hanyalah permasalahan transportasi dan juga jauhnya tempat ujian dari kota yang terkadang menyebabkan Tim Pemantau Independent terlambat menuju tempat pelaksanaan ujian. Untuk mengatasinya tentu saja Tim Pemantau Independent harus melakukan persiapan lebih demi menghindari keterlambatan menuju ke tempat Ujian Nasional dilaksanakan. Dengan demikian tujuan – tujuan adanya Tim Pemantau Independent dapat dicapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2011/245/051104483 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Mar 2012 11:16 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 01:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111002 |
Preview |
Text
051104483.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |