Perlindungan Hukum terhadap Anak Dibawah Umur yang Menjadi Korban Tindak Pidana Kesusilaan dalam Lingkup Rumah Tangga (KDRT) (Studi Kasus di Polres Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah)

Saputra, Ridho Alif Arya (2011) Perlindungan Hukum terhadap Anak Dibawah Umur yang Menjadi Korban Tindak Pidana Kesusilaan dalam Lingkup Rumah Tangga (KDRT) (Studi Kasus di Polres Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dibawah Umur Yang Menjadi Korban Tindak Pidana Kesusilaan Dalam Lingkup Rumah Tangga (KDRT) (Studi Kasus di Polres Kota Palangka Raya). Hal ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah ekonomi rumah tangga yang tidak menentu, orang tua tidak mempunyai pekerjaan tetap, dan adanya kesempatan dari pelaku dalam melakukan tindak pidana kesusilaan. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya tindak pidana kesusilaan dalam lingkup rumah tangga, salah satunya adalah faktor ekonomi. Keadaan ekonomi yang tidak menentu dan tidak mempunyai pekerjaan tetap mengakibatkan tindak pidana kesusilaan terhadap anak terjadi. Bentuk perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi korban tindak pidana kesusilaan, salah satunya adalah pada saat pemeriksaan tahap penyidikan, korban diperlakukan secara khusus, seperti penyidik yang melakukan penyidikan biasanya adalah penyidik perempuan, dan tidak menggunakan pakaian dinas, serta dilakukan pada ruangan yang khusus. Karena pada saat proses penyidikan, kondisi psikis atau mental korban tidak boleh dalam keadaan dibawah tekanan. Kemudian dalam hal ini adanya upaya pencegahan secara preventif yang dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya, Kepolisian Resort (Polres) Kota Palangka Raya, Dinas-dinas terkait Kota Palangka Raya dan Lembaga Perlindungan Anak Kota Palangka Raya dalam memberikan perlindungan terhadap anak yang menjadi korban tindak pidana kesusilaan dalam lingkup rumah tangga, maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis. Penelitian dilakukan dengan melihat realita yang terjadi di lapangan dan menelaah suatu permasalahan yang dikorelasikan dengan peraturan yang ada perihal perlindungan hukum terhadap anak dibawah umur yang menjadi korban tindak pidana kesusilaan dalam lingkup rumah tangga (KDRT), dengan maksud dan tujuan untuk menganalisis faktor penyebab, untuk menganalisis bentuk perlindungan hukum dan menuju pada upaya pencegahan secara preventif. Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif analisis. Dengan melihat perlindungan hukum terhadap anak dibawah umur yang menjadi korban tindak pidana kesusilaan dalam lingkup rumah tangga (KDRT), secara keseluruhan pihak yang terkait sudah baik dalam mengupayakan pencegahan secara preventif, walaupun hanya sebatas regulasi yang terkait dengan Undang-Undang Perlindungan Anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/241/051104479
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 31 Jan 2012 14:49
Last Modified: 28 Mar 2022 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110998
[thumbnail of 051104479.pdf]
Preview
Text
051104479.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item