Peran Lembaga Pemasyarakatan Dalam Upaya Menaggulangi Terjadinya Pengulangan Kejahatan (Residive) (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto)

Rahman, Arief (2011) Peran Lembaga Pemasyarakatan Dalam Upaya Menaggulangi Terjadinya Pengulangan Kejahatan (Residive) (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kejahatan akan selalu ada dan terjadi dalam kehidupan masyarakat. Salah satu hal yang meresahkan masyarakat adalah adanya penjahat kambuhan. Untuk itu diperlukan suatu sistem pembinaan. Lembaga yang berwenang membina tersebut adalah Lembaga Pemasyarakatan. Sistem Pemasyarakatan disamping bertujuan untuk mengembalikan Warga Binaan Pemasyarakatan nsebagai warga yang baik, juga bertujuan untuk melindungi masyarakat terhadap kemungkinan diulanginya tindak pidana oleh Warga Binaan Pemasyarakatan. Untuk itu permasalahan yang diajukan dalam skripsi ini adalah (1).Bagaimana peran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto dalam menanggulangi pengulangan kejahatan (2). Apa kendala yang dihadapi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto dalam pembinaan untuk mencegah terjadinya pengulangan kejahatan Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu menggambarkan semua gejala dan fakta serta menganalisa permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis kriminologis yaitu pendekatan dengan melakukan pengkajian dan analisa terhadap masalah Pola Pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Mojokerto yang ditinjau dari Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan dengan kenyataan yang nyata terjadi di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan Narpidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto dalam upaya penanggulangan pengulangan kejahatan dilakukan dengan metode bottom up aproach dan top down aproach , pembinaan secara sistematis dan continoue , dan dengan pendekatan secara kekeluargaan belum terlaksana secara optimal. Terdapat berbagai macam kendala, yaitu kendala internal berupa dana, administasi, kepegawaian,sarana prasarana dan kendala eksternal berupa di bidang yuridis,kultur masyarakat,serta kondisi sosial ekonomi narapidana. Untuk itu disarankan kepada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto untuk lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia bagi para petugas/pegawai Lembaga Pemasyarakatan tersebut dengan berbagai macam pelatihan-pelatihan, serta melaksanakan pembinaan secara optimal sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan diharapkan kepada pihak pusat untuk membentuk peraturan-peraturan yang khusus dalam mengatur tentang pembinaan Narapidana agar tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/240/051104478
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 31 Jan 2012 14:56
Last Modified: 28 Mar 2022 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110997
[thumbnail of 051104478.pdf]
Preview
Text
051104478.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item