Implementasi Tanggung Jawab Partai Politik Dalam Melakukan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat : Studi di Kota Probolinggo Jawa Timur) 2011

Aditiasa, Ellyas (2011) Implementasi Tanggung Jawab Partai Politik Dalam Melakukan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat : Studi di Kota Probolinggo Jawa Timur) 2011. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas Tanggung Jawab Partai Politik Dalam Melakukan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi tanggung jawab partai politik dalam melakukan pendidian politik bagi masyarakat serta untuk mengetahui dan mengkaji kendala apa saja yang ada dan bagaimana cara menanggulanginya. Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris, yaitu suatu pendekatan yang diteliti dengan sifat hukum yang nyata atau sesuai dengan kenyataan yang hidup dalam masyarakat. Artinya penulis turun langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data primer, yaitu menyangkut persoalan hukum yang dianalisis dalam hubungannya dengan realita empiris yang berupa hubungan timbal balik antara hukum dengan realita pelaksanaan tanggung jawab partai politik dalam melakukan pendidikan politik bagi masyarakat dengan tetap mengedepankan pembahasan secara yuridis di mana sebelum melakukan pembahasan penulis akan berpedoman pada peraturan yang dijadikan dasar untuk menganalisa gejala hukum yang timbul kemudian hasil pembahasan yuridis tersebut akan diarahkan pada aspek sosiologis berupa hubungan timbal balik antara hukum dan kenyataan pelaksanaan tanggung jawab partai politik dalam melakukan pendidikan politik bagi masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Tanggung Jawab Partai Politik Dalam Melakukan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat di Kota Probolinggo menunjukkan bahwa partai politik PKS, PKB, Gerindra, dan PPP di Kota Probolinggo mereka menyebutkan bahwa telah melaksanakan pendidikan politik secara maksimal, berupa dialogis kepada semua organisasi kemasyarakatan khususnya ditingkat desa, dan bentuk lain. Mengenai jadwal resmi dari lembaga dewan untuk mengadakan pendidikan politik bagi masyarakat tidak ada, tetapi tergantung Partai politik masing-masing, ada tiap 4 (empat), 3 (tiga) bulan resisnya (media resis) pendidikan politik dilakukan diundang masyarakat melalui forum pengajian kegiatan oleh masyarakat di dapilnya. Hal ini dimaksudkan karena tugas utamanya menyerap aspirasi rakyat. Dalam tataran praktek pendidikan politik tidak efektif jika hanya dilakukan oleh Partai politik dan KPU, melainkan harus dilakukan semua pihak. Kedua, mengenai kendala dan cara menanggulanginya, bekerja sama dengan pihak akademisi karena secara teoritis akademisi lebih memahami teori-teori sosial dan kemasyarakat khususnya di dunia demokrasi serta memberikan kesempatan kepada pihak LSM, media, Ormas, termasuk juga lembaga penelitian dan lembaga pemantau independen. Kelompok tersebut juga memiliki hak dan tanggung jawab dalam melakukan pendidikan politik menjelang berlangsungnya pemilu baik Pemilihan presiden, Pemilihan anggota legislatif, maupun pemilihan Bupati/Wali kota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/231/051104235
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2011 10:00
Last Modified: 28 Mar 2022 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110987
[thumbnail of 051104235.pdf]
Preview
Text
051104235.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item