Wanprestasi Dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen Atas Kendaraan Bermotor Sebagai Obyek Jaminan Fidusia : Studi di PT. MAF di Kota Malang

Yulianto, Sony Edwin (2011) Wanprestasi Dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen Atas Kendaraan Bermotor Sebagai Obyek Jaminan Fidusia : Studi di PT. MAF di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang skripsi ini adalah tingginya tingkat kebutuhan akan barang-barang konsumtif oleh masyarakat, dan terbatasnya daya beli sebagian besar masyarakat untuk membeli secara tunai sehingga membuat lembaga pembiayaan konsumen banyak diminati oleh masyarakat. PT. MAF Cabang Malang merupakan salah satu perusahaan pembiayaan yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor merk Yamaha, untuk sepeda motor baru. Kegiatan pembiayaan dilakukan melalui kredit dengan pembayaran secara angsuran atau berkala oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami hambatan-hambatan yang dihadapi PT. MAF Cabang Malang dalam perjanjian pembiayaan konsumen serta penyelesaian masalah yang timbul jika terjadi wanprestasi. Dalam penelitian ini digunakan metode pendekatan yuridis empiris, dengan melihat fakta yang ada dilapangan. Bedasarkan hasil penelitian, hambatan-hambatan PT. MAF Kota Malang dalam menyelesaikan wanprestasi perjanjian kredit dengan jaminan fidusia, yaitu : kemampuan bayar konsumen, konsumen lupa tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran, konsumen terkena bencana, konsumen memindahtangankan atau menggadaikan obyek pembiayaan tanpa sepengetahuan PT. MAF, konsumen melarikan diri,, konsumen yang mengajukan permohonan masuk penjara. Upaya PT. MAF dalam menyelesaikan wanprestasi yang dilakukan oleh konsumen lebih ditekankan pada penyelesaian secara kekeluargaan. Upaya penyelesaian melalui jalur hukum dipilih sebagai upaya paling akhir karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan proses yang lama. Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas, maka perlu kiranya untuk meminimalisir terjadi wanprestasi, maka pihak PT. MAF lebih berhati-hati dalam melakukan analisis terhadap calon konsumen, melakukan pengawasan secara intensif terhadap benda jaminan, serta mendaftarkan benda jaminan ke Kantor Pendaftaran Jaminan Fidusia agar mempunyai kekuatan eksekutorial yang sama dengan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/216/051104211
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2011 10:30
Last Modified: 28 Mar 2022 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110970
[thumbnail of 051104211.pdf]
Preview
Text
051104211.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item