Dasar pertimbangan suami isteri pada pembuatan perjanjian perkawinan : Studi Terhadap Pasangan Suami Isteri Yang Mendaftarkan Perjanjian Perkawinannya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mal

Silfani, Merisa Virda (2011) Dasar pertimbangan suami isteri pada pembuatan perjanjian perkawinan : Studi Terhadap Pasangan Suami Isteri Yang Mendaftarkan Perjanjian Perkawinannya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mengetahui di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang keberadaan pernikahan yang dibuat akta perjanjian di dalamnya cukup banyak di kota malang, kemudian berbeda dengan kenyataan bahwasanya yang di daftarkan secara resmi di Dinas Catatan Sipil sangat sedikit, penulis ingin mengetahui bagaimana praktek pembuatan perjanjian kawin di Kota Malang, serta apa yang menjadi dasar pertimbangan suami istri di Kota Malang mendaftarkan perjanjian kawin tersebut. Penulis mengambil penelitian dengan tema ini karena penulis merasa ingin mengetahui hal-hal apa sajakah yang menjadi dasar pertimbangan suami istri di kota Malang membuat perjanjian perkawinan, sehubungan dengan fenomena kawin cerai yang terjadi beberapa tahun belakangan. Akankah perjanjian kawin tersebut mampu mengurangi angka kawin cerai ataukah perjanjian kawin tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengambil penelitian mengenai praktek pembuatan perjanjian kawin di Kota Malang. Dalam upaya mengetahui dan menganalisa tentang Perjanjian Kawin di Kota Malang, maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan menelaah sumber-sumber yang ada dalam prakteknya di masyarakat, kemudian seluruh data yang ada di sajikan secara Deskriptif Analisis. Berdasarkan Analisa, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada menjadi kesimpulan sebagai berikut. Dasar pertimbangan suami isteri di dalam membuat perjanjian kawin yang mendaftarkan perjanjian kawin dilatarbelakangi oleh :Adanya sikap Individualistik, Adanya pergeseran fungsi dan peran dalam rumah tangga,,Pandangan suami isteri terhadap harta kekayaan. Kendala yang dihadapi suami isteri di dalam menjalankan perjanjian kawin adalah Pasangan Suami Isteri tersebut berdasarkan perkembangan hubungan rumah tangga ingin merubah isi dari perjanjian perkawinan. Pasangan suami isteri tersebut keadaannya berubah situasi dari masa awal sebelum pernikahan saat membuat perjanjian perkawinan, akan tetapi kemudian perubahan tersebut menyebabkan beberapa aspek di dalam perjanjian yang telah dibuat sebelumnya tidak berlaku lagi. Upaya yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan di dalam menjalankan perjanjian kawin yang dicatatkan di Dinas Catatan Sipil di dalam praktek di Kota Malang dengan cara memberikan batasan-batasan di dalam membuat perjanjian kawin berupa.Isi perjanjian kawin tidak boleh bertentangan dengan kesusilaan atau ketertiban umum . tidak boleh memuat syarat yang menghilangkan status suami sebagai kepala keluarga, dan juga janji yang membuat isteri akan tinggal terpisah tidak mengikuti suami.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/213/051104208
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2011 08:59
Last Modified: 28 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110967
[thumbnail of 051104208.pdf]
Preview
Text
051104208.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item