Hambatan dan Upaya dalam Pelaksanaan Kontrak Kerja antara Pemain dengan Klub Deltras Sidoarjo dalam Hal Upah dan Cara Pembayaran (Studi di kantor Deltras Sidoarjo

Rahman, Ryan Azhari Nur (2011) Hambatan dan Upaya dalam Pelaksanaan Kontrak Kerja antara Pemain dengan Klub Deltras Sidoarjo dalam Hal Upah dan Cara Pembayaran (Studi di kantor Deltras Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan sepak bola saat ini semakin pesat, tidak hanya dilakukan sebagai sarana untuk menjaga kebugaran jasmani dan mencegah suatu penyakit tetapi mengarah pada dunia bisnis dan bidang-bidang usaha lain yang menghasilkan keuntungan atau menghasilkan uang. Meskipun telah dibuat suatu perjanjian kerja antara pemain sepak bola dangan klub, tetapi pada kenyataannya masih banyak penyimpangan dalam dunia sepakbola dan terkadang jaminan kepastian hukum bagi pemain sepak bola masih kurang menguntungkan bagi mereka. Hal inilah yang mendorong penulis untuk membahas mengenai Hambatan dan Upaya dalam Pelaksanaan Kontrak Kerja antara Pemain dengan Klub Deltras Sidoarjo dalam Hal Upah dan Cara Pembayaran. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis, yang merujuk pada pasal 1313, 1315, 1320, 1338, 1340 KUH Perdata dan Pasal 1, 54, 58, 59 Undang-Undang No. 13 tahun 2003 dimana ditemukan fakta berupa hambatan atas pelaksanaan perjanjian kontrak kerja antara pemain dengan Klub Deltras Sidoarjo dalam hal upah dan cara pembayaran serta upaya apa yang dilakukan Klub Deltras Sidoarjo untuk mengatasinya. Lokasi penelitian bertempat di kantor Pengurus Cabang Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia Kabupaten Sidoarjo. Jenis dan sumber data terdiri dari data primer, dengan metode wawancara dan data sekunder, dengan melakukan studi pustaka dan dokumentasi. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa. Berdasarkan hasil penelitian penulis memperoleh jawaban, bahwa faktor yang menjadi hambatan dalam hal pelaksanaan kontrak kerja antara pemain dengan klub deltras sidoarjo mengenai upah dan cara pembayaran adalah kurangnya dana, adanya keterlambatan dana, serta adanya kontra dari LSM, adanya penyelewengan dana, dan adanya pengurus yang tidak bekerja secara maksimal. Hambatan tersebut tentunya akan mengakibatkan penunggakan upah pemain dan mempengaruhi kinerja pemain yang berakibat menurunnya prestasi Deltras Sidoarjo. Oleh karena itu, diperlukan beberapa upaya untuk mengurangi hambatan tersebut. Upaya yang telah dilakukan menurut pengurus Klub Deltras Sidoarjo, yaitu menemui Bupati Sidoarjo, menemui mantan bendahara Deltras Sidoarjo periode 2009/2010, menemui tokoh-tokoh Sepakbola Kabupaten Sidoarjo, bersosialisasi dengan para pengusaha dan investor. Menurut pemain Klub Deltras Sidoarjo, yaitu saat ini mereka hanya pasrah dengan keadaan yang ada. Tetapi jika sampai kontrak mereka habis dan mereka juga tetap tidak menerima upah mereka selama 11 bulan, mereka akan melapor ke PSSI. Sedangkan menurut peneliti upaya yang dapat dilakukan adalah perlu adanya trasnparansi anggaran dana dari pengurus Klub Deltras Sidoarjo, pentingnya peran aktif pengurus Klub Deltras Sidoarjo dan PSSI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/209/051104204
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2011 09:23
Last Modified: 28 Mar 2022 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110962
[thumbnail of 051104204.pdf]
Preview
Text
051104204.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item