Kajian Yuridis Normatif Prinsip Keadilan pada Peraturan Kegiatan Jual Beli dengan Akad Murabahah dalam Hukum Perbankan Indonesia

Ibrahim, Muhammad Firdaus (2011) Kajian Yuridis Normatif Prinsip Keadilan pada Peraturan Kegiatan Jual Beli dengan Akad Murabahah dalam Hukum Perbankan Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian terkait judul di atas adalah karena tata cara pelaksanaan jual beli dengan akad Murabahah yang difasilitasi oleh bank syariah di Indonesia sejauh ini hanya diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor: 7/46/PBI/2005 tentang Akad Penghimpunan dan Penyaluran Dana Bagi Bank yang Melaksanakan Kegiatan Berdasarkan Prinsip Syariah dan PBI Nomor: 9/19/PBI/2007 tentang Pelaksanaan Prinsip Syariah dalam Kegiatan Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana serta Pelayanan Jasa bagi Bank Syariah. Namun di sisi lain terdapat pula fatwa-fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) yang juga mengatur perihal yang sama. Hanya saja peraturan-peraturan yang termaktub dalam fatwa-fatwa tersebut tidak memiliki kekuatan hukum tetap sehingga tidak dapat memaksa para pihak yang terikat akad Murabahah untuk melaksanakan isi dari fatwa-fatwa tersebut. Penelitian ini akan menganalisis kesesuaian pengaturan kegiatan jual beli dengan akad Murabahah dalam hukum Perbankan Indonesia berdasarkan prinsip keadilan. Adapun cara yang ditempuh adalah dengan menganalisis sejauh mana PBI mengadaptasi peraturan-peraturan yang termaktub dalam Fatwa DSN-MUI serta peraturan-peraturan apa saja yang belum tertuang dalam PBI sehingga menimbulkan kekosongan hukum bagi sebagian peraturan yang telah ada dalam fatwa DSN-MUI. Kekosongan hukum tersebut dapat memberi peluang bagi para pihak yang terikat perjanjian jual beli dengan akad Murabahah untuk melanggar nilai-nilai keadilan yang seharusnya mereka pelihara selama melaksanakan isi dari perjanjian tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah yuridis normatif, yakni mendekati suatu permasalahan melalui asas-asas atau norma-norma hukum yang terkait untuk penelitian terhadap bahan hukum. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis maka dapat disimpulkan bahwa ketentuan-ketentuan dalam PBI yang mengatur tentang jual beli dengan akad Murabahah (PBI No: 7/46/PBI/2005 dan PBI No: 9/19/PBI/2007) belum sepenuhnya memenuhi prinsip keadilan karena tidak mengatur ketentuan-ketentuan yang termaktub dalam Fatwa DSN-MUI No: 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah (pada bagian keempat perihal Hutang dalam Murabahah (angka 1 sampai 3)) serta Fatwa DSN-MUI No: 16/DSN-MUI/IX/2000 tentang Diskon dalam Murabahah (pada bagian pertama perihal Ketentuan Umum (angka 3 sampai 5)). Hasil kesimpulan ini didapat karena ketentuan-ketentuan fatwa DSN-MUI yang belum diadopsi oleh PBI tersebut juga mengandung nilai keadilan sehingga perlu untuk dipertahankan keberadaannya dalam mengatur kegiatan Perbankan dengan sistem syariah yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/201/051104016
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2011 09:21
Last Modified: 28 Mar 2022 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110954
[thumbnail of 051104016.pdf]
Preview
Text
051104016.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item