Perjanjian Jaminan Dalam Pembiayaan Modal Ventura Antara Perusahaan Modal Ventura Dengan Perusahaan Pasangan Usaha : Studi Di PT. Sarana Surakarta Ventura

Anggraini, Kardina Sukma (2011) Perjanjian Jaminan Dalam Pembiayaan Modal Ventura Antara Perusahaan Modal Ventura Dengan Perusahaan Pasangan Usaha : Studi Di PT. Sarana Surakarta Ventura. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan akan modal untuk usaha dimasyarakat tidak hanya dapat dilakukan oleh Bank hal ini dikarenakan adanya keterbatasan dari pihak perbankan, bukan saja keterbatasan dana yang disalurkan, melainkan juga keterbatasan jangkauan. Berkaitan dengan itu, adanya lembaga pembiayaan sangat penting sebagai salah satu sumber dana alternatif penting yang salah satunya adalah modal ventura Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan pembiayaan modal ventura yang seharusnya dalam bentuk penyertaan modal atau pembiayaan namun yang terjadi adalah pinjam meminjam uang dengan mengunakan jaminan dan untuk mengetahui apa tindakan yang dilakukan oleh PT Sarana Surakarta Ventura terhadap Perusahaan Pasangan Usaha yang wanprestasi dengan menggunakan jenis penelitian empiris dan pendekatan yuridis sosiologis Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis memperoleh jawaban atas alasan pemberian modal ventura tidak dilakukan dalam bentuk penyertaan modal atau pembiayaan karena a) keamanan pembiayaan, (b) keterbatasan sumber daya manusia, (c) pertanggungjawaban kepada pemilik modal, (d) masalah transparansi dan laporan keuangan perusahaan pasangan usaha yang kurang tertata, (e) pengetahuan perusahaan pasangan usaha tentang pembiayaan modal ventura tanpa jaminan dan ketertarikannya dengan konsep pinjam meminjam uang, (f) kebutuhan akan dana bagi pihak perusahaan pasangan usaha. Terhadap Perusahaan Pasangan Usaha yang melakukan wanprestasi PT. Sarana Surakarta Ventura menyelesaikannya melalui dua cara yaitu musyawarah dan penyelesaian melalui pengadilan negeri. Menyikapi hal tersebut maka seharusnya perusahaan modal ventura dapat memberikan pembiayaan yang sesungguhnya sesuai dengan karakteristik modal ventura sehingga hubungan yang terjadi adalah hubungan kemitraan antara perusahaan modal ventura dan Perusahaan pasangan usahanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/2/051100866
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2011 11:21
Last Modified: 28 Mar 2022 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110950
[thumbnail of 051100866.pdf]
Preview
Text
051100866.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item