Pelaksanaan Perlindungan Hukum Hak Cipta Atas Logo Arema Indonesia terhadap Praktek Perbanyakan oleh Produsen Atribut di Kota Malang

Kartika, Camelia (2011) Pelaksanaan Perlindungan Hukum Hak Cipta Atas Logo Arema Indonesia terhadap Praktek Perbanyakan oleh Produsen Atribut di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Pelaksanaan Perlindungan Hukum Hak Cipta Atas Logo Arema Indonesia terhadap Praktek Perbanyakan oleh Produsen Atribut di kota Malang. Hal ini dilatarbelakangi dengan eksistensi tim sepakbola Arema Indonesia yang meningkat pesat terutama sejak menjadi juara dalam Indonesia Super League. Banyaknya para pendukung tim sepakbola Arema Indonesia meningkatkan minat para produsen atribut di kota Malang untuk memproduksi atribut berlogo Arema Indonesia yang juga telah didaftarkan hak ciptanya. Guna mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum hak cipta atas logo Arema Indonesia terhadap praktek perbanyakan oleh produsen atribut di kota Malang , maka penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis untuk mengkaji aspek-aspek hukum menurut yang berkaitan dengan perlindungan hukum hak cipta Logo Arema Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian atas permasalahan yang ada, PT. Arema Indonesia telah melakukan upaya perlindungan hukum baik secara preventif maupun represif. Perlindungan hukum preventif nampak dengan didaftarkannya ciptaan Logo Arema, kerjasama dengan Asosiasi Merchandise Arema Indonesia (AMAI) dan sosialisasi serta edukasi secara langsung. Fakta yang ada dari 39 produsen atribut di kota Malang, 16 produsen tergabung dalam AMAI, 17 produsen di luar AMAI, sedangkan 6 produsen terbukti tidak mencantumkan hang-tag. Jika masih terlihat pelanggaran, perlindungan secara represif dengan melakukan pendekatan dan memberikan surat peringatan dan jika masih terdapat pelanggaran, maka Surat Keterangan (SK) pembayaran royalti yang diberikan oleh PT. Arema Indonesia dicabut dan dijatuhi pidana sesuai yang termuat di dalam pasal 72 ayat 1 dan 2 Undang-Undang nomor 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta Kontrak yang dibuat PT. Arema Indonesia dengan produsen atribut berbentuk persetujuan. PT. Arema Indonesia mengeluarkan surat keterangan sebagai bukti bahwa produsen atribut yang telah memiliki surat keterangan tersebut adalah produsen yang yang telah mencapai kesepakatan lisan dengan PT. Arema Indonesia, kemudian juga diserahkan form order sebagai bukti penjualan hang-tag resmi berhologram. PT. Arema Indonesia pada langkah kedepannya diharapkan lebih rutin mengadakan inspeksi secara berkala dengan terjun langsung ke lapangan, membuat kontrak tertulis demi adanya alat bukti yang lebih konkrit, serta mengadakan pertemuan secara berkala dengan para produsen di kota Malang demi pengembangan usaha dalam kaitannya dengan ciptaan Logo Arema Indonesia sehingga pada akhirnya PT. Arema Indonesia dapat terus berkembang dan mempertahankan eksistensi terutama melalui eksploitasi hak hak ekonomi yang melekat pada ciptaan Logo Arema Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/193/051104008
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2011 10:48
Last Modified: 28 Mar 2022 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110943
[thumbnail of 051104008.pdf]
Preview
Text
051104008.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item