Tindakan Kepolisian Terhadap Suporter Sepak Bola: Kajian Terhadap Pola Berkendara Suporter Arema Malang : studi di Polresta Malang, Polres Malang, Polresta Batu

Putra, Ivan Arya (2011) Tindakan Kepolisian Terhadap Suporter Sepak Bola: Kajian Terhadap Pola Berkendara Suporter Arema Malang : studi di Polresta Malang, Polres Malang, Polresta Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Tindakan Kepolisian Terhadap Suporter Sepak Bola : Kajian Terhadap Pola Berkendara Suporter Arema. Hal ini dilatarbelakangi dengan adanya salah satu fenomena sosial yang sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat tersebut, yaitu fenomena dimana semua masyarakat yang tinggal di wilayah Malang Raya dan Kota Batu khususnya suporter atau pendukung tim sepak bola Arema yang selalu melakukan pola berkendara yang menyalahi aturan lalu lintas. Aksi berkendara tanpa menggunakan helm, menggunakan lajur kanan, berboncengan sampai 3 (tiga) orang, serta melanggar aturan lalu lintas yang lain tentu saja menyebabkan resah warga yang tinggal di pinggir jalan dan juga para pengemudi lain. Dalam upaya mengetahui bagaimana tindakan-tindakan kepolisian serta hambatan-hambatan dalam menertibkan pola berkendara para suporter ini, maka metode yang digunakan adalah yuridis sosiologis, mengkaji dan menganalisis permasalahan. Yuridis meninjau masalah yang diteliti dari segi ilmu hukum dan mengkaitkan dengan kenyataan dalam penerapannya yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan atau peristiwa alamiah dalam praktek sehari-hari. Metode penelitian yuridis digunakan untuk mengkaji permasalahan dari segi hukum, yaitu peraturan-peraturan yang berhubungan dengan pola berkendara. Metode penelitian sosiologis digunakan untuk analisis tentang kenyataan hukum dalam kehidupan masyarakat yang beranggapan bahwa hukum merupakan hasil atau tumbuh dari proses-proses sosial, serta analisis efek dari hukum terhadap kehidupan sosial yang beranggapan bahwa hukum berfungsi sebagai pengarah atau pedoman bagi kehidupan sosial. Kemudian, seluruh data yang dianalisa secara deskriptif-kualitatif yaitu proses pemecahan pemasalahan yang diteliti dengan mendeskripsikan data-data yang diperoleh di lapangan dan kemudian terhadap data-data tersebut akan diuraikan secra bermutu dalam bentuk kalimat yang teratur, runtun, logis, tidak tumpang tindih dan efektif sehingga memudahkan pemahaman dan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada. Tindakan yang dilakukan oleh pihak Polisi Lalu Lintas adalah Tindakan Preventif dan Tindakan Represif. Tindakan Preventif berupa Pemasangan Spanduk, Membagikan Brosur, Memberikan Penyuluhan Pada Klub Otomotif, Mengajak Perwakilan Suporter Untuk Bermusyawarah, dan Mendatangi Tempat Koordinator Wilayah Suporter Arema. Sedangkan Tindakan Represif berupa pemberian surat bukti pelanggaran kepada pengendara yang melanggar lalu lintas. Hambatan yang dialami pihak Polisi Lalu Lintas yaitu Jumlah Massa yang lebih banyak dari jumlah Polisi Lalu Lintas, Banyaknya akses menuju stadion, Menghambat lalu lintas kendaraan lain, Tidak adanya kesadaran dari suporter Arema Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/190/051104005
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2011 13:59
Last Modified: 28 Mar 2022 01:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110940
[thumbnail of 051104005.pdf]
Preview
Text
051104005.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item