Optimalisasi Pemungutan Pajak Reklame Dalam Kaitannya dengan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bojonegoro : Studi di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Bojonegoro

Mariz, Andung Kurnia (2011) Optimalisasi Pemungutan Pajak Reklame Dalam Kaitannya dengan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bojonegoro : Studi di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai Pajak reklame masalah yang sering timbul adalah pemasangan reklame yang tidak memiliki ijin reklame, serta wajib pajak sering tidak membayar pajak sesuai jangka waktu yang telah ditentukan. Dalam kenyataannya, banyak diantara wajib pajak yang memasang reklame tetapi tidak membayar pajak atau mangkir melupakan kewajibannya sebagai wajib pajak. Dari permasalahan tersebut maka penulis mengambil judul “Optimalisasi Pemungutan Pajak Reklame Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bojonegoro (Studi di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Bojonegoro)”. Permasalahan yang dibahas Bagaimana optimalisasi pemungutan pajak reklame dalam kaitannya dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bojonegoro, serta hambatan yang dihadapi dan solusi dalam optimalisasi pemungutan pajak reklame berkaitan dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bojonegoro. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis, melihat dari segi peraturan tertulis mengenai Peraturan Bupati No. 36 Tahun 2011 tentang Pajak Reklame di Kabupaten Bojonegoro selain itu melihat kondisi dan kenyataan yang ada di masyarakat. Lokasi penelitian di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Bojonegoro. Sumber data berupa wawancara dengan Kasi Pendataan dan Penetapan reklame, sumber kedua dari arsip-arsip, berbagai buku dan situs internet. Teknik analisis data dengan metode deskiptif analisis yang menyaji informasi mengenai pemungutan dan penerimaan pajak reklame yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Strategi yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pajak adalah menyusun program kerja yang menitikberatkn pada pemungutan pajak melalui visi, misi dan rencana strategi serta langkah-langkah intensifikasi, ekstensifikas, dan program reguler. Hambatan yang dihadapi banyaknya wajib pajak yang menunggak, wajib pajak tidak mengetahui tenggang waktu atas reklame yang dipasang serta pemasangan reklame yang tidak mengunakan ijin. solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah meninjau ulang ke lokasi reklame kemudian melakukan pendataan reklame yang belum memenuhi kewajiban membayar pajak selanjutnya mengirim surat peringatan apabila tidak ada jawaban dari wajib pajak maka DPPKA. bekerjasama dengan satpol PP akan membongkar reklame tersebut, kemudian untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dinas terkait DPPKA. Melakukan Program diklat secara berkala untuk meningkatkan kinerja para pegawai agar lebih profesional serta mewujukan aparat perpajakan yang bersih dan kedepannya lebih baik bagi pendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/183/051103451
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2011 10:44
Last Modified: 28 Mar 2022 01:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110932
[thumbnail of 051103451.pdf]
Preview
Text
051103451.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item