Kendala Kepolisian di dalam Menanggulangi Balapan Liar di Bandara Juanda Lama : Studi di Polres Sidoarjo dan Bandara Juanda Lama Kabupaten Sidoarjo

Jayakarta, Yusuf Anro (2011) Kendala Kepolisian di dalam Menanggulangi Balapan Liar di Bandara Juanda Lama : Studi di Polres Sidoarjo dan Bandara Juanda Lama Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai keadaan di Bandara Juanda Lama Kabupaten Sidoarjo, dimana pelanggaran lalu lintas berupa balapan liar masih terjadi di malam hari pada hari sabtu. Balapan liar tersebut melibatkan kendaraan roda dua maupun roda empat, dan merupakan balapan illegal yang dilarang oleh UU No.22 Tahun 2009 . Balapan liar tersebut pada saat dilakukan penelitian oleh penulis dengan metode observasi, seringkali tidak ditertibkan oleh Petugas Polisi Lalu-lintas Polres Sidoarjo. Penduduk sekitar lokasi merasa dirugikan dengan keberadaan balapan liar tersebut karena mengakibatkan kebisingan yang mengganggu ketentraman masyarakat sekitar lokasi balapan liar. Metode pendekatan di dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu metode yang mengkaji dan menganalisa permasalahan mengenai peraturan lalu-lintas di dalam pasal 115 dan pasal 297 UU No.22 Tahun 2009 yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat kondisi sosiologis penerapan Undang-Undang tersebut objek penelitian dalam hal ini Kepolisian Resort Sidoarjo selaku aparat penegak hukum dan pelaku balap liar di kawasan bandara Juanda Lama secara obyektif, kemudian seluruh data yang ada di analisa secara deskriptif Analitis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Modus Operandi tindak pidana balapan liar yang terjadi di kawasan Bandara Juanda Lama Kabupaten Sidoarjo biasanya dilakukan pada hari sabtu pada malam hari. Pelakunya dapat berupa sindikat yang sudah merencanakan beberapa hari sebelumnya untuk melakukan balapan, dapat pula pelaku yang datang untuk nantinya di lokasi baru akan mencari lawan, dan pelaku yang tadinya hanya penonton saja namun kemudian secara spontan mengikuti balapan. Kendala Kepolisian di dalam menanggulangi balapan liar di Bandara Juanda Lama sesuai ketentuan Pasal 115 dan Pasal 297 UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan, dikarenakan denda yang digunakan untuk menghukum pelaku terlalu ringan, pelaku yang menggunakan sindikat, serta kurangnya personel dan kendaraan dinas untuk menanggulangi balap liar di bandara Juanda Lama.Upaya Kepolisian untuk mengatasi kendala di dalam menanggulangi balapan liar di Bandara Juanda Lama sesuai ketentuan Pasal 115 dan Pasal 297 UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan dengan cara mengupayakan untuk mendatangkan orang tua pelaku balap liar untuk memberi efek jera, kemudian mengupayakan untuk menyelidiki bengkel mana yang sering terlibat balapan liar, menyelidiki pelaku-pelaku sindikat, serta mengupayakan untuk menambah kendaraan dinas di Polsek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/180/051103448
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2011 10:22
Last Modified: 28 Mar 2022 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110930
[thumbnail of 051103448.pdf]
Preview
Text
051103448.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item