Implikasi Yuridis Penguasaan Tanah yang Dikuasai Secara Melawan Hukum : Studi kasus perkara Nomor: 20/Pdt.G/2008/PN.Bjn)

Ardiyanti, Redha (2011) Implikasi Yuridis Penguasaan Tanah yang Dikuasai Secara Melawan Hukum : Studi kasus perkara Nomor: 20/Pdt.G/2008/PN.Bjn). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tugas pokok dari Pengadilan Negeri sebagai badan pelaksana Kekuasaan Kehakiman ialah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya. Permasalahan yang penulis angkat dalam skripsi ini adalah mengenai dasar dan pertimbangan hakim dalam memutus perkara perbuatan melawan hukum dalam memutus penguasaan tanah obyek sengketa oleh para tergugat dilakukan secara melawan hukum serta implikasi yuridis penguasaan tanah yang dikuasai secara melawan hukum pada perkara Nomor: 20/Pdt.G/2008/PN.Bjn. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis, mengidentifikasi dan mendeskripsikan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Penulis berharap dalam skripsi ini mampu memberikan manfaat bagi pengembangan hukum perdata dan memberikan manfaat bagi Pemerintah, aparat penegak hukum serta masyarakat dalam hal penguasaan tanah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini bahwa dasar dan pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bojonegoro dalam memutus perkara Nomor: 20/Pdt.G/2008/PN.Bjn telah sesuai dengan unsur-unsur perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur pada pasal 1365 KUH Perdata. Berdasarkan pasal 7 Undang-Undang Nomor 56 Prp tahun 1960 tentang Penetapan Luas Tanah Pertanian, tanah sengketa berstatus gadai yang dikuasai para tergugat selama 40 tahun telah lewat tenggang waktu. Implikasi yuridis dari penguasaan tanah yang dikuasai secara melawan hukum dengan mengembalikan tanah tersebut kepada pemilik tanpa pembayaran uang gadai dan tanpa syarat apapun. Pemerintah hendaknya merumuskan peraturan perundang-undangan mengenai hak kepemilikan atas tanah agar terwujud kepastian hukum bagi masyarakat. Masyarakat diharapkan lebih memahami dan mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia khususnya mengenai pendaftaran dan penguasaan hak atas tanah agar tidak terjadi sengketa kepemilikan karena tanah memiliki peranan penting dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/18/051100882
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2011 09:31
Last Modified: 28 Mar 2022 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110929
[thumbnail of 051100882.pdf]
Preview
Text
051100882.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item