Upaya Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo Dalam Penanggulangan Bahaya Pencemaran Limbah Plastik Berdasarkan PP No. 13 Tahun 1995 Tentang Izin Usaha Industri : Studi di PT Areco Sidoarjo

Sanjaya, Christine Rahayu (2011) Upaya Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo Dalam Penanggulangan Bahaya Pencemaran Limbah Plastik Berdasarkan PP No. 13 Tahun 1995 Tentang Izin Usaha Industri : Studi di PT Areco Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Upaya Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo Dalam Penanggulangan Bahaya Pencemaran Limbah Plastik Berdasarkan PP No. 13 Tahun 1995 Tentang Izin Usaha Industri. Analisis tersebut dilatar belakangi oleh fakta yang terjadi pada PT. Areco yang dinyatakan telah melakukan pencemaran limbah plastik yaitu dengan membuang afalan plastik melalui media sungai di samping perusahaan tersebut tanpa mengolahnya terlebih dahulu dan harus memenuhi persyaratan lingkungan sesuai dengan prosedur perijinan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk mengetahui dan menganalisis serta menjabarkan pelaksanaan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo dalam melakukan upaya penanggulangan bahaya pencemaran limbah plastik, serta mengetahui, menemukan dan menganalisis kendala apa saja yang menjadi penyebabnya berikut solusinya, maka metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaitu mengkaji mekanisme pelaksanaan Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 1995 tentang izin usaha industri yang berkenaan dengan ketentuan yang tertera dalam izin usaha industri. Dalam metode penelitian tersebut, maka penulis membahas permasalahan dari segi hukum dan membahas penelitian tersebut didasarkan pada kenyataan-kenyataan yang ada di lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di PT Areco dan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo dengan data yang saya peroleh berupa data primer dan data sekunder, berikut dengan jenis dan sumber data yang saya peroleh berupa data primer adalah dengan wawancara langsung dan data sekunder berupa studi pustaka, dengan populasi di Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo dan kantor PT Areco dengan responden pemilik PT Areco yaitu bapak WF Plasman dan ibu Elizabeth Plasman dan Kepala Badan Lingkungan Hidup yaitu Drs.H.M. Hasan Basri , M.Si. juga Kepala Seksi Bagian Pengawasan dan Pengendalian Limbah yaitu Ir. Asnan M dan Kepala Seksi Bidang Penanggulangan Dampak Lingkungan yaitu Drs. Endang Dwi Hastuti, MM. Dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran mengenai realita dari implementasi upaya Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo dalam penanggulangan pencemaran limbah plastik berdasarkan PP Nomor 13 Tahun 1995 tentang izin usaha industri. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yakni penerapan Peraturan Pemmerintah No. 13 Tahun 1995 tentang Izin Usaha Industri yang kurang diterapkan sehingga belum berjalan secara optimal mengingat terbenturnya kendala-kendala yang ada dalam Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo dan PT Areco sendiri. Dalam menyikapi semua problema yang ada maka solusinya adalah dengan lebih lagi menerapkan dan meningkatkan peraturan yang tertera dalam PP No.13 Tahun 1995 tentang izin usaha industri agar dalam upaya penanggulangan bahaya pencemaran limbah plastik dapat berjalan dengan optimal dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/173/051103442
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2011 09:11
Last Modified: 28 Mar 2022 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110922
[thumbnail of 051103442.pdf]
Preview
Text
051103442.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item