Perlindungan Anak-anak Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang Terkait dengan Sex trafficking : Studi di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polresta Malang

Wardhani, Putu Dita Sukma (2011) Perlindungan Anak-anak Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang Terkait dengan Sex trafficking : Studi di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polresta Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai masalah perlindungan anak-anak korban tindak pidana perdagangan orang terkait dengan sex trafficking (studi di unit pelayanan perempuan dan anak Polresta Malang). Hal ini dilatar belakangi dengan meningkatnya kasus perdagangan orang yang korbannya sebagian besar anak-anak dibawah umur. Jenis penelitian adalah Hukum Empiris dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat kenyataan yang terjadi di masyarakat, yaitu anak-anak korban perdagangan orang terkait sex trafficking dan polisi di unit pelayanan perempuan dan anak, kemudian seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, jawaban atas permasalahan adalah: Perlindungan yang diberikan terhadap korban perdagangan orang meliputi upaya pencegahan dan pemberantasan sex trafficking. Upaya pemberantasan dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan, sedangkan upaya pemberantasan dilakukan dengan memproses semua laporan, memastikan kenyaman korban dan mengoptimalkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Kendala yang diadapi dalam memberikan perlindungan terhadap anak-anak korban diantaranya belum optimalnya pencegahan segala bentuk TPPO dan belum optimalnya PTPPO terkait sex trafficking. Upaya penanganan kendala dalam memberikan perlindungan dalam pencegahan segala bentuk TPPO terkait sex trafficking : kampanye anti trafficking dan penyempurnaan undang-undang PTPPO, sedangkan dalam pemberantasan TPPO terkait sex trafficking: sosialisasi melalui lembagalembaga terkecil dalam pemerintahan, pendekatan melalui penempatan polisi perempuan sehingga memudahkan korban memberi keterangan, meningkatkan kompetensi polisi, mengoptimalkan kerjasama dan koordinasi pelayanan kesehatan. Saran-saran dari penulis skripsi ini adalah perlunya peningkatan kapasitas HAM, perlu memperkuat jaringan organisasi non pemerintah baik nasional maupun internasional yang berhubungan dengan perlindungan anak dan trafficking agar anak-anak korban trafficking dilindungi sesuai dengan yang seharusnya, memperkuat database, mengusahakan penyuluhan dan pengusahaan kerjasama antara Unit PPA dengan LSM-LSM terkait yang peduli dengan permasalahan perdagangan orang terkait dengan sex trafficking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/157/051103011
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2011 09:13
Last Modified: 25 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110905
[thumbnail of 051103011.pdf]
Preview
Text
051103011.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item