Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Pengguna Internet Banking Apabila Terjadi Kerugian : Studi di BNI Cabang Malang

RezaR, Mokhammad (2011) Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Pengguna Internet Banking Apabila Terjadi Kerugian : Studi di BNI Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan pesat dari teknologi internet telah menawarkan berbagai macam kemudahan dalam kegiatan transaksi bisnis. Walaupun banyak kemudahan yang didapatkan dalam melakukan transaksi melalui internet banking tersebut, tidak menutup kemungkinan masih adanya kendala-kendala yang dihadapi baik oleh pihak bank maupun nasabah dalam melakukan transaksi melalui internet banking. Pada saat ini banyak kasus pencurian via internet banking yang menyebabkan kerugian bagi para pihak khususnya nasabah. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan tidak mengatur secara rinci mengenai internet banking. Hal inilah yang menjadi letak permasalahan hukumnya dimana jaminan kepastian dan perlindungan terhadap nasabah bank pengguna jasa internet banking belum sepenuhnya dijamin oleh hukum positif di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh BNI kepada nasabah pengguna jasa internet banking menurut peraturan yang berlaku? Bagaimana hambatan dan upaya bank dalam memberikan jaminan perlindungan hukum bagi nasabah pengguna jasa internet banking apabila terjadi kerugian? Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh BNI bagi nasabah pengguna jasa internet banking serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis hambatan yang dihadapi bank dalam memberikan jaminan perlindungan hukum bagi nasabah pengguna jasa internet banking serta upaya yang dilakukan oleh bank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hingga saat ini belum ada peraturan perundang-undangan yang secara khusus mengatur mengenai internet banking sehingga perlindungan hukum bagi para nasabah pengguna jasa internet banking masih belum terjamin secara penuh. Namun sejumlah peraturan baik Undang-Undang maupun Peraturan Bank Indonesia yang selama ini digunakan sebagian besar sudah diterapkan oleh BNI cabang Malang dalam pemanfaatan jasa BNI internet banking, tetapi masih ada aturan hukum yang belum ditaati oleh bank seperti klausula baku yang dilarang oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen. Klausula perjanjian internet banking masih belum sepenuhnya melindungi hak dan kewajiban dari nasabah. Perlindungan Hukum terhadap nasabah pengguna jasa BNI internet banking ada dua, yaitu perlindungan hukum preventif yang bersifat mencegah terjadinya kerugian serta perlindungan hukum represif yang bersifat menanggulangi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/15/051100879
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2011 10:53
Last Modified: 25 Mar 2022 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110897
[thumbnail of 051100879.pdf]
Preview
Text
051100879.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item