Konflik Pembagian Harta Warisan Dalam Perkawinan Poligami : Studi Tentang Peranan Wasiat Pewaris Dalam Kasus Putusan Perkara No 146 Pdt.G/1993/PA Malang

Andiyansyah, Faniko (2011) Konflik Pembagian Harta Warisan Dalam Perkawinan Poligami : Studi Tentang Peranan Wasiat Pewaris Dalam Kasus Putusan Perkara No 146 Pdt.G/1993/PA Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkawinan merupakan kehidupan yang pasti akan terjadi dalam kehidupan manusia,sehingga membuat adanya keterikatan lahir dan batin antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan yang disebut juga sebagai ikatan perkawinan yang mengakibatkan timbulnya suatu hubungan hukum dengan sendirinya, baik dalam hukum agama maupun hukum suatu negara,dan hubungan yang terjadi antara seoarang lelaki dengan seorang perempuan yang diangkat disini adalah mengenai hubungan kewarisan khususnya dalam perkawinan poligami. Baik dalam perkawinan poligami maupun dalam perkawinan monogami suatu peristiwa kewarisan merupakan suatu hal yang sangat penting,utamanya dalam perkawinan poligami karena dalam perkawinan poligami terdapat dua orang istri atau lebih dan terdapat dua garis keturunan atau lebih sehingga sudah barang tentu pembagian harta warisnya pun lebih sulit dan rumit daripada perkawinan monogami. Dalam perkawinan poligami mengenai pembagian harta warisan perlu dilakukan dengan kehati-hatian sebab dimungkinkan banyak terjadi konflik dengan sesama ahli waris,oleh karena itu manakala terjadi konflik pada saat pembagian harta warisan perlu adanya landasan atau suatu metode yang bisa mengakhiri atau menyelesaikan suatu konflik yang terjadi. Biasanya landasan atau metode tersebut berbentuk suatu wasiat yang berisikan suatu kehendak pewaris agar dilaksanakan oleh ahli waris setelah pewaris meninggal dunia. Sehingga dalam penyelesaian suatu konflik pembagian harta warisan,surat wasiat memiliki peranan yang penting yaitu sebagai landasan dan metode pengakhir konflik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/149/051102710
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Sep 2011 09:01
Last Modified: 20 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110896
[thumbnail of 051102710.pdf]
Preview
Text
051102710.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item