Perbandingan Penerapan Asas Peradilan Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan dalam Perkara Perceraian di Peradilan Agama dan Peradilan Umum : Studi di Pengadilan Agama Malang dan Pengadilan Negeri Malang

Kurniawan, Achmad Arif (2011) Perbandingan Penerapan Asas Peradilan Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan dalam Perkara Perceraian di Peradilan Agama dan Peradilan Umum : Studi di Pengadilan Agama Malang dan Pengadilan Negeri Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai perbandingan penerapan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan dalam perkara perceraian di peradilan agama dan peradilan umum. Penulis membahas hal tersebut karena pada dasarnya orang-orang yang bersengketa masalah perceraian, tentunya memiliki harapan supaya perceraiannya cepat terselesaikan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan bagaimana penerapan asas peradilan sederhana cepat dan biaya ringan dalam perkara perceraian di .Pengadilan Agama Malang dan di Pengadilan Negeri Malang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pelaksanaan asas peradilan sederhana cepat dan biaya ringan dalam perkara perceraian di .Pengadilan Agama Malang dan di Pengadilan Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, oleh karena obyek yang diteliti adalah mengenai penerapan asas peradilan sederhana cepat dan biaya ringan dalam perkara perceraian di Pengadilan Agama Malang maupun Pengadilan Negeri Malang. Hasil penelitian yaitu penerapan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan antara di Pengadilan Agama Malang maupun di Pengadilan Negeri Malang terdapat perbedaan. Meskipun di kedua lembaga peradilan yang sama-sama memeriksa perkara perceraian tersebut telah berupaya mewujudkan asas tersebut, akan tetapi nampak dari hasil penelitian bahwa penerapan asas peradilan yang sederhana dan biaya ringan telah terlaksana dengan baik di Pengadilan Agama Malang. Namun, asas cepat belum dapat terwujud karena akibat dari dilakukannya kumulasi perkara dalam perkara perceraian. Sedangkan di Pengadilan Negeri Malang, asas cepat saja yang sudah dapat diwujudkan, akan tetapi asas sederhana dan biaya ringan belum dapat di terapkan, karena di Pengadilan Negeri Malang tidak diperolehkannya kumulasi perkara dalam gugatan perceraian. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan asas tersebut adalah disebabkan oleh sistem dari dalam pengadilan itu sendiri dan juga disebabkan oleh para pihak yang berperkara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/147/051102711
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2011 10:18
Last Modified: 25 Mar 2022 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110894
[thumbnail of 051102711.pdf]
Preview
Text
051102711.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item