Implementasi Peraturan Menteri No.18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Kaitanya Dengan Profesionalisme Kerja Dan Peningkatan Kesejahteraan Hidup Guru : Studi di Dinas Pendidikan Kabupaten Tulu

Saputra, Rendra (2011) Implementasi Peraturan Menteri No.18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Kaitanya Dengan Profesionalisme Kerja Dan Peningkatan Kesejahteraan Hidup Guru : Studi di Dinas Pendidikan Kabupaten Tulu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Penerapan Peraturan Pemerintah No.18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Kaitanya Dengan Profesionalisme Kerja Dan Peningkatan Kesejahteraan Hidup Guru khususnya di Dinas Pendidikan Kota Tulungagung. Hal ini di latar belakangi dengan adanya dasar yuridis undang-undang no.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, dan juga diperkuat dengan peraturan pelaksanaan dalam bentuk peraturan menteri no.18 tahun 2007 tentang sertifikasi bagi guru dan jabatanya. Dalam upaya mengetahui dan menganalisa tentang bagaimana Implementasi Peraturan Pemerintah No.18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Kaitanya Dengan Profesionalisme Kerja Dan Peningkatan Kesejahteraan Hidup Guru khususnya di Dinas Pendidikan Kota Tulungagung,kendala dan upaya mengoptimalka implementasinya, metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis empiris yaitu mengkaji dan menganalisa permasalahan yang di tetapkan secara yuridis dengan melihat kondisi objek penelitian secara obyektif, kemudian seluruh data yang ad di analisa secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa, Implementasi Peraturan Pemerintah No.18 Tahun 2007 khususnya di Dinas Pendidikan Kota Tulungagung, berjalan dengan baik,meskipun belum dapat di terapkan secara optimal. Kendala yang di hadapi dalam implementasi Peraturan Pemerintah No.18 Tahun 2007 khususnya di Dinas Pendidikan Kota Tulungagung, meliputi Organisasi pelaksana, dalam pelaksanaannya masih terdapatnya guru yang mengikuti program sertifikasi yang diadakah bukan oleh lembaga yang berwenang, Proses sosialisasi, proses sosialisasi yang dilaksanakan masih relative kurang, hal ini ditandai dengan rendahnya pengetahuan guru terhadap program sertifikasi secara lebih detail, Pembagian kouta, pembagian kuota yang cenderung sedikit sehingga mengakibatkan guru tidak dapat diikutkan program sertifikasi, Penilaian portfolio, dalam pelaksanaan penilaian portfolio, masih ditemukan sejumlah pelanggaran dalam bentuk adanya pemalsuan dokumen yang dilakukan, maupun juga pemalsuan sertifikat itu sendiri. Selain itu standar penilaian yang dilakukan cenderung terlalu tinggi tidak berdasarkan kompetensi yang dimiliki guru, Pelatihan dan pendidikan guru, dalam pelaksanaan tahapan ini cenderung tidak sesuai dengan kebutuhan kerja guru, ataupun juga materi yang diberikan tidak disesuaikan dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/125/051102340
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2011 13:44
Last Modified: 25 Mar 2022 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110872
[thumbnail of 051102340.pdf]
Preview
Text
051102340.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item