Modus operandi tindak pidana narkotika di kalangan ibu rumah tangga : Studi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas IIA Malang

Perwitasari, Anggi Hastika (2011) Modus operandi tindak pidana narkotika di kalangan ibu rumah tangga : Studi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas IIA Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini diteliti dan dibahas masalah modus operandi tindak pidana narkotika di kalangan ibu rumah tangga (studi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas IIA Malang). Hal ini dilatar belakangi, karena adanya fakta yang membuktikan bahwa fenomena peredaran dan penyalahgunaan/ketergantungan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya (narkoba) diberbagai kalangan akhir-akhir ini makin membuktikan betapa penyalahgunaan narkoba bisa melibatkan siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Keterbatasan informasi, minimnya akses, dan stereotype perempuan sebagai orang yang lemah lembut semakin membuka peluang perempuan untuk terlibat lebih jauh dalam pasar narkoba. Salah satu faktor utama yang menyebabkan ibu rumah tangga melakukan tindak pidana narkotika adalah faktor ekonomi. Karena pendapatan suami saja tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari serta harga kebutuhan pokok yang semakin hari semakin melambung. Penelitian ini disusun untuk mengetahui dan menganalisa modus operandi ibu rumah tangga melakukan tindak pidana narkotika serta untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya tindak pidana di kalangan ibu rumah tangga. Dalam upaya memperoleh dan mengetahui tentang modus operandi narkotika, metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis kriminologi yang mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ada secara yuridis serta memahami sebab kejahatan dan cara menanggulanginya dari aspek kriminologi untuk mengetahui sebab akibat yang terjadi, kemudian data yang didapat dianalisis secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh jawaban dari permasalahan yang ada, bahwa modus operandi penyalahgunaan narkotika di kalangan ibu rumah tangga dilakukan dengan cara terorganisir dan berpindah-pindah tempat tergantung kesepakatan antara pengedar dengan pemakai narkotika. Selain itu didapatkan pula data bahwa faktor lingkungan sosial (pergaulan, pengaruh hubungan keluarga yang kurang harmonis), faktor ekonomi ditengarai juga penyebab terjadinya tindak pidana narkotika di kalangan ibu rumah tangga. Melihat fakta-fakta tersebut diatas, maka perlu upaya yang benar-benar dapat membuat penanganan dan penanggulangan tindak pidana narkotika di kalangan ibu rumah tangga berjalan dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang optimal. Yang paling utama dari semua itu adalah perbaikan moral dan mental individu, serta peran pemerintah untuk melakukan kegiatan pembinaan dan penyuluhan untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang bahaya narkotika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/12/051100876
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2011 11:14
Last Modified: 25 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110866
[thumbnail of 051100876.pdf]
Preview
Text
051100876.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item