Peranan Jaksa Di Kejaksaan Negeri Madiun Dalam Upaya Perlindungan Hukum Bagi Konsumen: Studi Kasus Ayam Tiren Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun

Mulyono, Galih Puji (2011) Peranan Jaksa Di Kejaksaan Negeri Madiun Dalam Upaya Perlindungan Hukum Bagi Konsumen: Studi Kasus Ayam Tiren Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang dilakukan berlatar belakang oleh keamanan dan keselamatan pangan yang layak konsumsi, dimaksudkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan konsumen dalam penggunaan barang dan jasa atau hasil produk dari pelaku usaha sehingga konsumen dapat terhindar dari kerugian fisik maupun psikis. Produk pangan yang tidak aman yang beredar dan dikonsumsi di masyarakat memang sengaja dibuat oleh pelaku dengan mengabaikan hak masyarakat untuk mengkonsumsi pangan yang aman bagi kebutuhan hidupnya, serta melanggar ketentuan hukum yang ada baik Undang – Undang tentang Pangan, Undang-Undang tentang Perlindungan Konsumen dan sebagainya. Kasus nyata yang terjadi di kota Madiun dengan di produksinya ayam mati kemarin (tiren) di pasar tradisional yang diolah dengan cara tertentu untuk mengelabuhi konsumen dan dijual dengan harga dibawah harga ayam normal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan 2 (dua) permasalahan yakni (1) Bagaimana peranan jaksa dalam upaya perlindungan hukum terhadap konsumen selaku Penuntut Umum terkait dengan kasus pelaku penjual pada kasus ayam tiren di Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun. (2) Bagaimana upaya kejaksaan dalam pelaksanaan eksekusi terhadap barang bukti terkait kasus ayam tiren di Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan empiris, dengan lokasi penelitian Kejaksaan Negeri Madiun. Data primer dan sekunder diperoleh dengan menggunakan wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi, dan akses internet. Kemudian dilakukan pengolahan dan analisa data dengan menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif dan deskriptif analistis. Hasil penelitian dapat dinyatakan peranan jaksa dalam upaya perlindungan hukum terhadap konsumen selaku Penuntut Umum terkait dengan kasus tindak pidana penjualan ayam tiren belum optimal, yakni kurang memahami peraturan perundang-undangan terkait perlindungan hukum bagi konsumen. Upaya Kejaksaan dalam pelaksanaan eksekusi terhadap barang bukti terkait kasus penjualan ayam tiren terdapat kekurangan yaitu surat hasil permeriksaan laboraturium mengenai sample dari barang bukti untuk pembuktian dalam persidangan. Kejaksaan Negeri Madiun hendaknya dapat melakukan koordinasi secara berkesinambungan baik dalam lingkungan instansi Kejaksaan Negeri Madiun sendiri maupun dengan instansi lainnya yang terkait dengan persoalan ini, serta dapat menyatukan persepsi para jaksa untuk mencapai implementasi peraturan perundang-undangan lebih optimal bagi kepentingan perlindungan hukum kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/118/051102333
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2011 09:03
Last Modified: 25 Mar 2022 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110864
[thumbnail of 051102334.pdf]
Preview
Text
051102334.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item