Penerapan Prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) : Studi Kasus Antara PT. Petrokimia Gresik dengan Warga Tlogopojok Gresik

Harahap, Rezikih Hasanuddin (2011) Penerapan Prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) : Studi Kasus Antara PT. Petrokimia Gresik dengan Warga Tlogopojok Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penulisan skripsi ini peneliti membahas Penerapan Prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Kasus Antara PT. Petrokimia Gresik dengan Warga Tlogopojok Gresik). Hal ini dilatar belakangi oleh adanya kasus antara PT. Petrokimia Gresik dengan Warga Tlogopojok Gresik terkait akta kesepakatan yang dibuat secara di bawah tangan antara kedua belah pihak, dimana dari salah satu butir kesepakatan tentang calon tenaga kerja yang akan dipekerjakan di pabrik PT. Petrokimia Gresik belum dapat dipenuhi oleh perusahaan. Rumusan masalah dari skripsi ini yang pertama, ialah bagaimana penerapan prinsip CSR dalam kasus antara PT. Petrokimia Gresik dengan Warga Tlogopojok Gresik berdasarkan konteks akta kesepakatan yang dibuat secara di bawah tangan oleh kedua belah pihak. Kedua, Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perusahaan belum sepenuhnya melaksanakan isi kesepakatan yang dibuat antara warga Kelurahan Tlogojok Kecamatan Gresik dengan PT. Petrokimia Gresik. Ketiga, Bagaimana solusi konkret dalam menyelesaikan permasalahan antara warga Kelurahan Tlogojok Kecamatan Gresik dengan PT. Petrokimia Gresik. Peneliti menggunakan penelitian hukum empiris dengan metode penelitian yuridis sosiologis, yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada. Bahwa belum dapat dipenuhinya butir kesepakatan tersebut karena disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti : faktor etika dan moral warga yang dianggap perusahaan masih kurang meyakinkan, tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki warga masih jauh yang diharapkan oleh perusahaan serta taraf pendidikan warga yang masih rendah. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi yaitu pertama, mengadakan forum sosialisasi (audiensi) guna menjelaskan sebab-sebab perusahaan belum bisa memenuhi tuntutan dari warga tersebut. Kedua, memperbaiki akta kesepakatan melalui pembuatan akta kesepakatan baru dengan lebih menyebutkan secara rinci syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi bagi calon tenaga kerja. Ketiga, akta kesepakatan dibuat dalam akta notaris (akta otentik). Keempat, PT. Petrokimia Gresik meningkatkan program bina lingkungan yang sudah menjadi programnya, seperti program pendidikan dan pelatihan (training) bagi warga Tlogopojok. Menyikapi hal tersebut, maka disarankan agar PT. Petrokimia Gresik menempatkan program bina lingkungan, seperti bidang pendidikan dan pelatihan menjadi program utama perusahaan. Hendaknya masyarakat mempelajari apa saja kewajibannya terhadap perusahaan. Pemerintah harus memberikan situasi yang kondusif bagi perusahaan dalam menjalankan CSR di masyarakat dan ikut berpartisipasi dalam menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat, sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah di bidang pembangunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/116/051102331
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2011 08:42
Last Modified: 25 Mar 2022 06:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110862
[thumbnail of 051102331.pdf]
Preview
Text
051102331.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item