Pendekatan Teknik Interogasi Yang Humanis Dalam Memberikan Perlindungan Hukum Terhadap Hak-Hak Tersangka Tindak Pidana Narkotika : Studi Di Kepolisian Resort Madiun Kota

Zulkarnain, Reza (2011) Pendekatan Teknik Interogasi Yang Humanis Dalam Memberikan Perlindungan Hukum Terhadap Hak-Hak Tersangka Tindak Pidana Narkotika : Studi Di Kepolisian Resort Madiun Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Pendekatan Teknik Interogasi Yang Humanis Dalam Memberikan Perlindungan Hukum Terhadap Hak-Hak Tersangka Tindak Pidana Narkotika. Hal ini dilatarbelakangi dengan semakin banyaknya tindak pidana narkotika yang terjadi di masyarakat. Tersangka tindak pidana selama menjalani penyidikan harus dijamin hak-haknya guna memberikan perlindungan hukum. Proses penyidikan salah satunya dilakukan dengan pemeriksaan tersangka untuk menggali keterangan tentang tindak pidana yang terjadi, dimana dalam proses ini sering terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh penyidik. Pendekatan interogasi yang humanis merupakan salah satu cara dalam memberikan perlidungan hukum kepada tersangka tindak pidana narkotika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bentuk pendekatan teknik interogasi yang humanis yang dilakukan oleh penyidik Polres Madiun Kota dan teknik interogasi yang humanis dalam mengakomodir hak-hak pelaku tindak pidana narkotika dalam tahap penyidikan. Maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang diterapkan secara yuridis dengan melihat kenyataan yang terjadi. Kemudian seluruh data yang ada di analisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh jawaban sebagai berikut. Bentuk teknik interogasi yang humanis dilakukan dengan cara menghindarkan tersangka dari tekanan dalam bentuk apapun selama menjalani proses penyidikan, selain itu penyidik sebelum melakukan proses penyidikan selalu memberitahukan hak tersangka untuk didampingi penasehat hukum guna menyiapkan pembelaan atas dirinya. Selain teknik interogasi yang humanis penyidik sedapat mungkin memperlakukan tersangka sesuai dengan hak-haknya guna memberikan perlindungan hukum kepada tersangka. Selanjutnya teknik interogasi yang humanis dapat memberikan perlindungan hukum kepada tersangka, dimana dengan teknik ini tersangka dihormati harkat dan martabatnya sebagai seorang yang tidak bersalah. Tersangka juga diperlakukan secara manusiawi dengan dihindarkan dari kekerasan selama menjalani pemeriksaan. Agar perlindungan hukum terhadap hak-hak tersangka selama menjalani proses penyidikan dapat berjalan dengan baik, maka sebaiknya Polri secara bertahap meningkatkan kualitas dan pemahamannya terkait dengan proses pemeriksaan tersangka. Selain itu penyidik dalam melakukan pemeriksaan kepada tersangka lebih mengedepankan pendekatan secara humanis dan menghilangkan unsur kekerasan sehingga penyidik tetap menghormati harkat dan martabat tersangka sebagai seorang manusia yang tidak bersalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/115/051102220
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2011 09:59
Last Modified: 25 Mar 2022 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110861
[thumbnail of 051102220.pdf]
Preview
Text
051102220.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item