Faktor Anak Pidana Melakukan Tindak Pidana Pencurian : Studi di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar

Palupi, Irna Wulan (2011) Faktor Anak Pidana Melakukan Tindak Pidana Pencurian : Studi di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas masalah faktor anak pidana melakukan tindak pidana pencurian dan kendala yang dihadapi Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Hal ini dilatarbelakangi dengan banyaknya tindak pidana pencurian yang dilakukan anak khususnya pada tahun 2010. Jenis penelitian ini dengan metode pendekatan yuridis kriminologis. Pendekatan yuridis digunakan untuk mengkaji permasalahan dari aspek hukum yaitu peraturan- peraturan yang berhubungan dengan pencurian, sedangkan pendekatan kriminologis digunakan untuk mengkaji permasalahan faktor- faktor yang berhubungan dengan kejahatan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan anak pidana melakukan tindak pidana pencurian. Faktor tersebut meliputi adanya keinginan untuk memiliki, tidak ada pendidikan moral dalam keluarga, sekedar menarik perhatian, lingkungan pergaulan, terperangkap oleh jiwa yang pemberontak, ingin menonjolkan rasa kebersatuan, gejala penyakit, pendidikan, keluarga, ekonomi, serta umur. Namun diantara banyaknya faktor penyebab tindak pidana pencurian yang dilakukan anak, yang dominan adalah faktor ekonomi. Lembaga Pemasyarakatan Anak dalam menangani anak yang melakukan tindak pidana pencurian menghadapi kendala antara lain kurangnya kesadaran hukum,kurangnya tenaga profesional di Lembaga Pemasyarakatan Anak, anak didik dalam keadaan depresi, kesulitan berkomunikasi dengan anak didik, anak didik pemasyarakatan sering melanggar peraturan, tidak ada kemauan belajar dari anak didik pemasyarakatan. Adanya fakta tersebut pihak Lembaga Pemasyarakatan Anak harus bekerjasama dengan pihak keluarga agar lebih memperhatikan anaknya, dan juga bekerjasama dengan yayasanyayasan atau lembaga- lembaga yang bisa memberikan penyuluhan kepada anak didik supaya anak didik sadar hukum dan menyadari kesalahannya serta tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/109/051102200
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2011 10:13
Last Modified: 25 Mar 2022 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110854
[thumbnail of 051102200.pdf]
Preview
Text
051102200.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item