Optimalisasi Kinerja Badan Pertanahan Nasional Dalam Pelayanan Administrasi Sertifikasi Tanah Di Kota Mojokerto

Poundra, Dandy (2011) Optimalisasi Kinerja Badan Pertanahan Nasional Dalam Pelayanan Administrasi Sertifikasi Tanah Di Kota Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas Optimalisasi Kinerja Badan Pertanahan Nasional Dalam Pelayanan Administrasi Sertifikasi Tanah Di Kota Mojokerto dalam hal untuk mengetahui kinerja Badan Pertanahan Nasional dalam Pelayanan Publik di Mojokerto. Dengan latar belakang tersebut Bagaimana memberikan pelayanan di bidang pertanahan secara optimal dalam hal sertifikasi tanah Di Kota Mojokerto yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).Penulisan ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu menjelaskan permasalahan yang diteliti dalam praktek di lapangan dengan mengkaji menurut peraturan yang berlaku dan menjelaskan keadaan yang sebenarnya di masyarakat.Kemudian bahan-bahan yang diperoleh dengan teknik wawancara diolah dan dianalisa berdasarkan PP No.24 tahun 1997. Lokasi yang dipilih dalam melakukan penelitian berada di Kota Mojokerto yaitu di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Dalam penelitian dipilih 10 responden yaitu 4 responden yang adalah pejabat di Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan 6 responden adalah masyarakat untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan oleh Badan Pertanahan Nasional.Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat diketahui bahwa Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam pelayanan sertifikasi tanah belum cukup optimal karena dalam SOP memberikan keterangan bahwa waktu yang harus diselesaikan adalah 98 hari tetapi kenyataannya dalam waktu 4,5 bulan melebihi batas SOP yang dikarenakan faktor SDM yang kurang memadai. Dan dalam hal Pelayanan yang diberikan oleh BPN terhadap masyarakat memberikan sifat yang ramah yang sudah cukup baik dalam memberikan informasi yang jelas terhadap masyarakat.Sebaiknya Badan Pertanahan Nasional lebih memberikan palayanan yang optimal dan mempunyai SDM yang lebih baik dan memadai agar dalam pelayanan tersebut masyarakat menilai dengan baik dan mencapai waktu yang ditentukan dalam SOP atau sesuai aturan. Memberi pengarahan atas kesadaran masyarakat akan pentingnya fungsi sertifikat atas kepemilikan tanah, Lebih ditingatkan pengetahuan dan pengalaman serta keterampilan pejabat pelaksana mengenai persyaratan administrasi dan yurisdis untuk pengurusan tanah Memotivasi pegawai atau pejabat pelaksana dalam menjalankan tugas sebagai pelayan bagi masyarakat, mengoptimal pelaksanaan penerangan terhadap Pejabat pelaksana, memberikan sarana dan prasarana yang cukup memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/108/051102096
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2011 10:51
Last Modified: 25 Mar 2022 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110853
[thumbnail of 051102096.pdf]
Preview
Text
051102096.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item