Pelaksanaan perlindungan Hukum Hak Cipta Terhdap Merchandise Ciptaan Ongisnade Berdasar Pasal 12 ayat 1 Undang Undang No 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta

Utomo, Setya and Djumikasih., SH.MH. and Indrati,, SH. MS. (2012) Pelaksanaan perlindungan Hukum Hak Cipta Terhdap Merchandise Ciptaan Ongisnade Berdasar Pasal 12 ayat 1 Undang Undang No 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah pelaksanaan perlindungan hukum hak cipta atas merchandise ciptaan Ongisnade. Hal ini dilatarbelakangi dengan meningkatnya animo masyarakat Kota Malang untuk mendukung tim kesayangannya yaitu Arema, dengan dukungan terhadap tim Arema yang terus meningkat, maka kebutuhan untuk merchandise yang berhubungan dengan Arema juga terus meningkat. Hal ini yang mendorong PT. Arema untuk mendaftarkan logo tim Arema, dan selanjutnya para pedagang yang memproduksi serta menjual merchandise tentang Arema harus memperoleh ijin terlebih dahulu dari PT. Arema. Perijinan tersebut berupa lisensi yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Dalam pelaksanaannya tidak semua pedagang melakukan kegiatan perijinan dalam tiap produksi dan pemasarannya. Ongisande adalah salah satu produsen dan pedagang yang telah melakukan perijinan untuk menjual serta memproduksi merchandise yang berhubungan dengan Arema. Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan lisensi. Untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum merchandise ciptaan Ongisnade Store, penulis menggunakan penelitian empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis untuk mengkaji aspek aspek hukum yang berkaitan dengan perlindungan merchandise ciptaan Ongisnade Store. Berdasar hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, Ongisnade Store telah melakukan upaya perlindungan secara preventif maupun secara represif. Upaya perlindungan preventif dilakukan Ongisnade Store dengan cara mendapat lisensi dari PT. Arema untuk turut serta menjual dan memproduksi merchandise yang berhubungan dengan logo Arema, yang selanjutnya PT. Arema berkewajiban untuk melindungi design dari merchandise yang diciptakan oleh Ongisnade. Faktanya beberapa pedagang juga menjual merchandise yang serupa dengan milik Ongisnade Store. Sedangakan upaya represif yang dilakukan Ongisnade Store adalah dengan cara melaporkan para pelanggar Hak Cipta atas Merchandise kepada PT. Arema, berdasar perjanjian lisensi yang ada. Mengingat Arema adalah tim besar yang telah berprestasi di kawasan Asia Tenggara, Ongisnade selaku rekan PT. Arema diharapkan mampu menjaga eksistensinya dalam pengembangan bisnis merchandise , sehingga merchandise bisa dijadikan ciri khas Kota Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/102/051201249
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Apr 2012 14:34
Last Modified: 25 Mar 2022 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110848
[thumbnail of 051201249.pdf]
Preview
Text
051201249.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item