Sistem Pemilu Legislative Pada Masa transisi Demokrasi Di Indonesia : Analisa Yuridis Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemilu Legislatif yang Digunakan di Indonesia Setelah Reformasi Tahun 1998

RahmatIlahi, - (2010) Sistem Pemilu Legislative Pada Masa transisi Demokrasi Di Indonesia : Analisa Yuridis Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemilu Legislatif yang Digunakan di Indonesia Setelah Reformasi Tahun 1998. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam suatu sistem pemerintahan demokrasi perwakilan, pembahasan mengenai sistem pemilihan cukup penting. Karena sistem pemilihan mempunyai konsekuensi pada tingkat proporsionalitas hasil pemilihan. Pada sistem pemilu yang diterapkan Indonesia saat ini lebih banyak memang sudah memenuhi sisi nilai demokratis suatu sistem pemilihan, disamping suitable dengan kondisi ke Indonesiaan. Masalah yang perlu dibenahi pada sistem pemilu di Indonesia adalah, keselarasan antara cita-cita mewujudkan kedaulatan rakyat seutuhnya dengan perangkat hukumnya belum berjalan seiring sejalan. Oleh karena itu, agar pemilu sebagai salah satu pilar demokrasi benar-benar berpihak pada rakyat, maka sistem pemilu legislatif yang paling relevan untuk diterapkan di Indonesia adalah menggunakan sistem Representasi Proporsional dengan daftar terbuka, dikombinasikan dengan mekanisme calon terpilih dengan suara terbanyak. Maka dari itu, untuk mewujudkan keselarasan antara cita-cita mewujudkan kedaulatan rakyat seutuhnya dengan perangkat hukumnya yang belum berjalan seiring sejalan secara maksimal dalam pemilihan umum legislatif selanjutnya, pemerintah dan para wakil rakyat sebagai pemilik kebijakan dalam membuat peraturan perundang-undangan harus merumuskan produk hukum terutama mengenai sistem pemilu yang kompatibel dan komprehensif dengan semua cita-cita dan kenginan luhur yang diinginkan dari mekanisme suara terbanyak tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/67/051001073
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2010 09:46
Last Modified: 25 Mar 2022 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110828
[thumbnail of 051001073.pdf]
Preview
Text
051001073.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item