Pembangunan Sistem Informasi Point Of Sales Terintegrasi Dalam Lingkup Rumah Makan Beserta Cabangnya (Studi Kasus: RM. Pecel Pincuk Bu Tinuk)

Sani, Annisa Septiana (2018) Pembangunan Sistem Informasi Point Of Sales Terintegrasi Dalam Lingkup Rumah Makan Beserta Cabangnya (Studi Kasus: RM. Pecel Pincuk Bu Tinuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan adanya TIK harus harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin karena dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari juga dalam mengembangkan bisnis bagi perusahaan dan yang berwirausaha. Pada penelitian ini mengambil studi kasus di Rumah Makan Pecel Pincuk Bu Tinuk yang memiliki kendala dalam menjalankan proses bisnisnya dan dalam mengumpulkan informasi berupa pendapatan, pengeluaran dan stok dari masing-masing outlet. Pemilik hanya dapat merekap penjualan produk dan penghasilan lewat cash register tape, menyebabkan pemilik harus melakukan sendiri pembukuan untuk merekap secara manual. Sedangkan pada proses bisnisnya terjadi ketidak-efisienan dalam segi pelemparan informasi makanan antara kasir dan pekerja dapur. Oleh karena itu pada penelitian bertujuan untuk membangun suatu sistem Point of sales yang terintegrasi antar tiap outletnya. Bertujuan agar pemilik dapat melihat informasi secara real time dan akurat tanpa harus membuat pembukuan yang memakan banyak waktu. Dengan tahap melakukan analisis kebutuhan sesuai dengan identifikasi masalah yang sudah digali lalu merancang dan mengimplementasi sistem. Pada tahap pengimplementasian, penulis menggunakan framework CodeIgniter yang menganut MVC (Model-View-Controller) dan bahasa javascript untuk menunjang web agar lebih atraktif. Pada sistem yang dibangun juga dilakukan pengujian fungsional whitebox dan blackbox serta pengujian non-fungsional agar sistem dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik tanpa harus terjadi kesalahan yang akan muncul di kemudian hari. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan menghasilkan tingkat keberhasilan 100%.

English Abstract

With the ICT should be able to be utilized as possible because it can provide greater benefits in life as well as in developing business for companies and entrepreneurs. In this study, the author takes a case study at RM Pecel Pincuk Bu Tinuk which has constraints in running its business process and in collecting information in the form of income, expenditure and stock from each outlet. The owner recaps the sales report of the product by collecting cash register tape, causing the owner to do his own bookkeeping to manually recap. While in the business process occurs inefficiency in terms of throwing food order information between the cashier and kitchen workers. Therefore in this research make a point of sale system which is integrated between each outlet. Aiming for owner to view information in real time and accurate without having to make bookkeeping that spend a lot of time. With the stage of performing the requirement analysis in accordance with the identification of problems that have been collected and then design and implement the system. In the implementation stage, the writer uses the CodeIgniter framework that embraces MVC (Model-View-Controller) and javascript language to support the web to be more attractive. In this study also performed functional testing, whitebox and blackbox and non-functional testing in order to be proven that the system is running well without any errors that will occur in the future. The results of the tests that have been done resulted in a 100% success rate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/197/051801219
Uncontrolled Keywords: Point Of Sales, Sistem Informasi, Transaksi, Rumah Makan, Laporan Penjualan
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.015 1 Finite mathematic
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 25 May 2018 07:09
Last Modified: 27 Oct 2021 03:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11082
[thumbnail of BAB VII.pdf]
Preview
Text
BAB VII.pdf

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (755kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (947kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item