Implementasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : st

Meinarsari, Alit Ayu (2010) Implementasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : st. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia pada saat ini tengah mengalami perubahan kehidupan bernegara secara fundamental, dari sistem pemerintahan yang sentralistik menuju ke sistem pemerintahan yang demokratis. Perubahan ini terjadi pada saat dunia sedang mengalami transformasi menuju era masyarakat informasi dimana teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting. Hal inilah yang mendorong penulis untuk membahas mengenai Implementasi pelaksanaan e-Government di Kabupaten Jembrana berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 dalam menunjang pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi, serta kendala-kendala yang dihadapi dan solusi yang telah dilakukan. Metode pendekatan yang digunakan ialah yuridis sosiologis, yaitu mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta secara objektif. Lokasi penelitian bertempat di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Jembrana. Jenis dan sumber data terdiri dari data primer, dengan metode wawancara dan data sekunder, dengan melakukan studi pustaka dan dokumentasi. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa secara deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban, bahwa implementasi pelaksanaan e-Government di Kabupaten Jembrana telah dilakukan berdasarkan kerangka berpikir pengembangan e-Government yang mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003, dengan melakukan pembuatan situs web, pembangunan infrastruktur, pengembangan sistem informasi, pengembangan sumber daya aparatur, pengembangan program-program inovasi dan pengalokasian dana. Dalam pelaksanaannya ada beberapa kendala yang dihadapi, kendala yang ada digolongkan menjadi kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal berkaitan dengan kurangnya pembiayaan dan kemampuan aparatur yang tidak menyeluruh dalam menggunakan komputer. Sedangkan kendala eksternal berhubungan dengan infrastruktur yang belum menyeluruh dan kurangnya pemahaman masyarakat/pengguna dalam menggunakan komputer ataupun internet yang telah disediakan. Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, yaitu untuk kendala internal dilakukan dengan cara menarik investor agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta melakukan peningkatan ketrampilan pegawai. Sedangkan, untuk kendala eksternal dilakukan dengan cara penambahan infrastruktur, pelatihan penggunaan komputer dan internet di setiap sekolah serta disediakannya mobil sejahtera yang dilengkapi laptop dan komputer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/5/051000223
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2010 09:59
Last Modified: 23 Mar 2022 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110810
[thumbnail of 051000223.pdf]
Preview
Text
051000223.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item