Implementasi Perlindungan Hukum Untuk Pekerja Anak Dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa SMK : studi SMK di Kota Malang

Harianto, Teguh (2010) Implementasi Perlindungan Hukum Untuk Pekerja Anak Dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa SMK : studi SMK di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Perlindungan Hukum Untuk Pekerja Anak Dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa SMK. Hal ini dilatarbelakangi banyaknya pelanggaran hak-hak pekerja anak dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Persoalan utama terhadap perlindungan HAM anak atas kebijakan PKL ini adalah karena pada kenyataannya usia siswa yang menjalani kegiatan ini mayoritas dibawah 18 tahun. Perlindungan hukum bagi pekerja anak dalam pelaksanaan PKL ini dimaksudkan untuk menjamin hak-hak dasar mereka sesuai 4 prinsip atau asas yang termuat dalam Konvensi Hak-hak Anak yaitu perlindungan akt if, non-diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, kesempatan seluas-luasnya bagi anak untuk hidup, kelangsungan hidup, dan berkembang, serta penghargaan terhadap pendapat anak. Disatu sisi UU Sisdiknas mewajibkan setiap siswa SMK untuk melaksanakan PKL demi mendapatkan keterampilan secara adatif dengan bekerja langsung di Dunia Industri, tetapi disisi lain UU Ketenagakerjaan menganggap bahwa siswa tersebut masih tergolong pekerja anak yang rawan akan pelanggaran hak-hak mereka sebagai pekerja anak sehingga harus dilindungi hak-haknya. Dalam upaya mengetahui implementasi perlindungan hukum untuk pekerja anak dalam pelaksanaan PKL bagi siswa SMK di Kota Malang ini, jenis pendekatan yang digunakan adalah yuridis – sosiologis, mengkaji dan menganalisa secara yuridis dengan penerapan di masyarakat dengan melihat fakta empiris secara objektif dan faktor-faktor pendorong dan penghambat perlindungan hukum terhadap pekerja anak dalam pelaksanaan PKL siswa SMK ini. Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban bahwa implementasi perlindungan hukum untuk pekerja anak dalam pelaksanaan PKL di kota Malang masih belum dilakukan secara maksimal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa petunjuk kerja, bimbingan, pengawasan serta perlindungan K3 yang diberikan pihak sekolah maupun Dunia Usaha atau Dunia Industri belum dilakukan secara maksimal sehingga masih sering terjadi kecelakan kerja dan perlakuan yang tidak mencerminkan prinsip kepentingan terbaik bagi anak. Banyak faktor pendorong dan penghambat upaya perlindungan hukum terhadap siswa peserta PKL diantaranya kebijakan sekolah untuk mewajibkan setiap siswanya untuk memiliki asuransi K3 serta pembekalan materi yang memadai tetapi posisi yang tidak seimbang antara sekolah dengan industri merupakan faktor penghambat utama upaya perlindungan hukum terhadap pekerja anak dalam pelaksanaan PKL siswa SMK di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/45/051000824
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2010 09:51
Last Modified: 23 Mar 2022 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110805
[thumbnail of 051000824.pdf]
Preview
Text
051000824.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item