Pengaturan dan Penerapan Prinsip Akuntabilitas dan Prinsip Pertanggungjawaban Untuk Membangun Good Corporate Governance Pada PT Pertamina (Persero) Dalam Program Konversi Minyak Tanah Ke LPG : Studi d

Putra, M Firman Maulana (2011) Pengaturan dan Penerapan Prinsip Akuntabilitas dan Prinsip Pertanggungjawaban Untuk Membangun Good Corporate Governance Pada PT Pertamina (Persero) Dalam Program Konversi Minyak Tanah Ke LPG : Studi d. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penulisan skripsi ini penulis membahas tentang Pengaturan dan Penerapan Prinsip Akuntabilitas dan Prinsip Pertanggungjawaban Untuk Membangun Good Corporate Governance Pada PT Pertamina (Persero) Dalam Program Konversi Minyak Tanah Ke LPG. Hal ini dilatarbelakangi oleh pemerintah melakukan program konversi minyak tanah ke LPG dengan tujuan mengurangi subsidi yang ada, dimana yang melakukan program tersebut dilimpahkan kepada PT Pertamina (PESERO). Telah disebutkan dalam pasal 3 huruf c dan huruf d KEPMEN BUMN nomor Kep 117/M-MBU/2002 terdapat prinsip akuntabilitas dan prinsip pertanggungjawaban, dimana PT Pertamina melakukan penerapan prinsip tersebut dalam melakukan program konversi minyak tanah ke LPG. Rumusan masalah yang pertama bagaimana pengaturan dan penerapan prinsip akuntabilitas dan prinsip pertanggungjawaban untuk membangun good corporate governance pada PT Pertamina (PERSERO) dalam program konversi minyak tanah ke LPG. Kedua, apa hambatan-hambatan dan solusi pengaturan dan penerapan prinsip akuntabilitas dan prinsip pertanggungjawaban untuk membangun good corporate governance pada PT Pertamina (PERSERO) dalam program konversi minyak tanah ke LPG Penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis, penelitian yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Kemudian, seluruh data yang ada di analisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa prinsip akuntabiltas diterapkan dengan cara direksi mempunyai fungsi sebagai fungsi manajemen. Sedangkan untuk prinsip pertanggungjawaban PT Pertamina melakukan pengawasan terhadap mata rantai penjualan dan penyaluran LPG 3kg. Menyikapi fakta-fakta tersebut, maka disarankan agar PT Pertamina dapat mempertahankan prestasi yang telah dicapainya, khususnya dalam menerapkan prinsip akuntabilitas dan prinsip pertanggungjawaban.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/306/051102585
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Sep 2011 09:54
Last Modified: 23 Mar 2022 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110784
[thumbnail of 051102585.pdf]
Preview
Text
051102585.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item