Perlindungan Hukum Terhadap Penumpang Pada Jasa Transportasi Penerbangan Niaga Berkaitan Terhadap Keterlambatan Dalam Pengangkutan Udara : Studi di PT. Garuda Indonesia Cabang Malang

Mahendrayanti, Ayu Puspita (2010) Perlindungan Hukum Terhadap Penumpang Pada Jasa Transportasi Penerbangan Niaga Berkaitan Terhadap Keterlambatan Dalam Pengangkutan Udara : Studi di PT. Garuda Indonesia Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Undang-undang No. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan, Keputusan Menterin No. 25 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara, dan Peraturan Pemerintah No. 40 tahun 1995 Pengangkut Udara, yang menentukan bahwa perusahaan angkutan udara yang melakukan kegiatan angkutan udara niaga bertanggung jawab atas keterlambatan angkutan penumpang dan/atau barang yang diangkut apabila terbukti hal tersebut merupakan kesalahan pengangkut. Namun demikian banyak pula perusahaan angkutan udara yang mengabaikan tanggung jawab mereka, sedangkan di lain pihak pengguna jasa tidak sedikit pula mereka yang tidak mengetahui hak mereka sebagai konsumen pengguna jasa atas hak untuk mendapatkan barang kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya, seperti yang diatur dalam Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka muncul permasalahan mengenai bagaimana perlindungan hukum terhadap penumpang pada jasa transportasi penerbangan niaga berkaitan dengan keterlambatan dalam pengangkutan udara di PT. Garuda Indonesia cabang Malang dan bagaimana penyelesaian yang dilakukan PT. Garuda Indonesia apabila ada tuntutan ganti kerugian dari pengguna jasa penerbangan atas keterlambatan pengangkutan udara. Metode pendekatan yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah yuridis empiris yaitu mengkaji dan menganalisa permasalahan secara yuridis dengan melihat fakta yang terjadi secara objektif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, serta wawancara. Kemudian seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian dapat diperoleh jawaban sebagai berikut,perlindungan hukum kepada pengguna jasa penerbangan yang mengalami keterlambatan pada PT. Garuda Indonesia Cabang Malang adalah dengan prinsip tanggung jawab atas kesalahan PT. Garuda Indonesia memberikan pelayanan tambahan sesuai prosedur yang berlaku di Garuda Indonesia, yaitu dengan memberikan penggolongan waktu tertentu Oleh karenanya, maka peraturan-peraturan pengangkutan udara khususnya yang nasional harusnya ditaati dan dilaksanakan oleh semua pihak dalam pengangkutan udara dengan penuh kesadaran, disamping itu perlu ditingkatkan perhatian dari Garuda Indonesia supaya frekuensi keterlambatan dapat dikurangi. Pengguna jasa Garuda Indonesia seharusnya lebih berani untuk mengajukan tuntutan ganti kerugian kepada Garuda indonesia agar tidak menjadi pihak yang dirugikan dalam keterlambatan yang disebabkan kesalahan Garuda Indonesia sehingga tercipta suatu keadilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/291/051100293
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2011 13:21
Last Modified: 23 Mar 2022 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110769
[thumbnail of 051100293.pdf]
Preview
Text
051100293.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item