Penerapan pasal 6 ayat (1) undang-undang RI No.29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman berkaitan dengan varietas tanaman Perkebunan : Studi di Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat M

Budiman, Mochammad Arief (2010) Penerapan pasal 6 ayat (1) undang-undang RI No.29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman berkaitan dengan varietas tanaman Perkebunan : Studi di Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan pasal 6 ayat (1) undang-undang RI No.29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman berkaitan dengan varietas tanaman Perkebunan. Indonesia adalah negara agraris dimana pertanian yang maju merupakan aset negara untuk mencapai kemakmuran bangsa dan negara. Perkembangan bidang pertanian tidak bisa lepas dari perlindungan hukum. Perlindungan varietas tanaman merupakan perlindungan yang diberikan oleh negara kepada pemulia tanaman atau pemegang hak Perlindungan Varietas Tanaman yang telah menghasilkan varietas tanaman melalui kegiatan Pemuliaan Tanaman. Pemegang hak PVT memiliki hak untuk menggunakan dan memberikan persetujuan kepada orang atau badan hukum lain untuk mengggunakan varietas berupa benih dan hasil panen yang digunakan untuk propagasi. Permasalahan yang timbul dalam perkembangan produksi benih varietas unggul dapat menghambat penerapan hak PVT berdasarkan pasal 6 ayat (1) undang-undang No.29 Tahun 2000 Perlindungan Varietas Tanaman. Penelitian ini membahas tentang penerapan pasal 6 ayat (1) undang-undang No.29 Tahun 2000 Perlindungan Varietas Tanaman di Balittas Malang dan tentang bentuk upaya yang dilakukan Pemulia dan Pemegang Hak PVT apabila ada sengketa mengenai penggunaan hak PVT. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang dipakai adalah yuridis empiris, yaitu penelitan hukum yang kajiannya meliputi ketentuan hukum normatif serta penerapannya pada peristiwa hukum yang terjadi di lapangan. Tujuan dari penelitian in adalah mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pasal 6 ayat (1) undang-undang RI No.29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman berkaitan dengan varietas tanaman Perkebunan di BALITTAS Malang dan bentuk upaya yang dilakukan Pemulia dan Pemegang Hak PVT apabila ada sengketa mengenai penggunaan hak PVT serta bermanfaat secara teoritis maupun praktis bagi pihak-pihak yang terkait. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: Hak PVT untuk menggunakan dan memberikan persetujuan kepada orang atau badan hukum lain untuk mengggunakan varietas berupa benih dan hasil panen yang digunakan untuk propagasi telah diterapkan dengan cukup baik oleh Balittas Malang. Bentuk upaya yang dilakukan Pemulia dan Pemegang hak PVT apabila terjadi sengketa mengenai penggunaan hak PVT adalah pemulia dan pemegang hak PVT mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri. Penyelesaian sengketa yang dilakukan di Pengadilan Negeri menggunakan hukum acara perdata. Sebagai saran, diharapkan kepada peneliti tanaman dan pemegang hak PVT untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas varietas tanaman melalui kegiatan pemuliaan tanaman serta segera mendaftarkan varietas baru hasil pemuliaan agar mendapatkan kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/271/051003887
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2011 10:34
Last Modified: 21 Mar 2022 08:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110750
[thumbnail of 051003887.pdf]
Preview
Text
051003887.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item