Pelaksanaan Pasal 4 PBI No. 7/6/PBI/2005 Tentang Transparansi Informasi Produk Bank Dalam Rangka Perlindungan Nasabah Pemegang Kartu ATM (Studi Bank BNI Malang

BarettaGahalia (2010) Pelaksanaan Pasal 4 PBI No. 7/6/PBI/2005 Tentang Transparansi Informasi Produk Bank Dalam Rangka Perlindungan Nasabah Pemegang Kartu ATM (Studi Bank BNI Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan ini membahas mengenai lemahnya pelaksanaan transparansi informasi produk bank khususnya ATM serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksananaan transparansi Informasi Produk bank khusunya nasabah pemegang kartu ATM yang terdapat pada bank BNI cabang malang . Hal ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi baru – baru ini yaitu pembobolan ATM dengun modus skimming dan banyaknya nasabah yang pernah dirugikan akibat penggunaan mesin ATM yang salah. Ironisnya kelemahan – kelemahan yang terjadi pada mesin ATM ini tidak dijelaskan terlebih dahulu oleh pihak bank. Akibatnya hak – hak nasabah untuk mendapatkan informasi yang lengkap, akurat dan utuh menjadi tidak terpenuhi karena informasi yang diberikan bank kepada nasabah seringkali hanya merupakan manfaat atau kelebihannya saja tanpa memberikan gambaran secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan tersebut Fenomena yang menarik ini, penulis kaji dengan teknik analisis data yaitu berupa Deskriptif Kualitatif dengan metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu dengan mencari data dari nasabah pengguna ATM yang pernah dirugikan serta faktor – faktor yang mempengaruhi terjadinya kerugian. Sehingga pengguna ATM dapat mengatisipasi bila terjadi hal – hal yang tidak dikehendaki pada mesin ATM. Ada dua jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder sedangkan data primer diperoleh dari penelitian langsung di lapangan dan data sekunder dari hasil penelusuran pustaka. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pasal 4 ayat (1) dapat dilihat pada proses pembukaan tabungan pada nasabah. Pada bank BNI ternyata hanya menjelaskan mengenai kelebihan dari produk bank sedangkan untuk kelemahan dari produk tersebut belum sepenuhnya dikonfirmasikan. Padahal dalam PBI No 7/6/PBI/2005 tentang Transparansi Informasi Produk bank, diatur ketentuan yang mewajibkan bank untuk memberikan informasi yang cukup kepada nasabah maupun calon nasabah mengenai produk-produk yang ditawarkan bank. Hal ini dipengaruhi oleh sikap nasabah yang acuh tak acuh. Cara berpikir nasabah yang cenderung tidak peduli inilah yang menjadi kendala dalam penyampaian informasi mengenai manfaat dan resiko pada produk tabungan. Selain itu Adanya keragaman produk yang begitu banyak mengakibatkan pihak bank tidak menjelaskan produk – produk bank secara rinci. Hal ini mengakibatkan nasabah tidak mengetahui mengenai kelemahan – kelemahan dari produk – produk tersebut. Sedangkan faktor pendukung dalam pemberian informasi ini yakni kinerja pihak bank dalam menangani keluh kesah nasabah dan masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi sehingga mereka tidak perlu lagi menanyakan secara detail mengenai kegunaan ATM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/269/051003724
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2010 10:52
Last Modified: 19 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110747
[thumbnail of 051003724.pdf]
Preview
Text
051003724.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item