Pelaksanaan Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Pemadaman Listrik Secara Mendadak Yang Dilakukan PT.PLN APJ Malang Berkaitan Dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen : Studi di Kota Malang

Andhika DP, I Made (2010) Pelaksanaan Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Pemadaman Listrik Secara Mendadak Yang Dilakukan PT.PLN APJ Malang Berkaitan Dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen : Studi di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi dengan judul Pelaksanaan Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Pemadaman Listrik Secara Mendadak Yang Dilakukan PT.PLN APJ Malang Berkaitan Dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen (Studi di Kota Malang), membahas tentang seberapa besar perlindungan hukum terhadap konsumen listrik khususnya masalah pemadaman listrik secara mendadak, karena pemadaman yang dilakukan oleh pihak PLN khususnya APJ Malang sering dilakukan dan merugikan konsumen atau pelanggan yang terdiri dari beberapa kalangan seperti bisnis dan rumah tangga. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian menggunakan beberapa tahapan, dengan metode pendekatan yang dipakai adalah metode yuridis empiris, dengan lokasi penelitian di Kota Malang khususnya di dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Klojen dan Kecamatan Lowokwaru, sedangkan responden yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian adalah sebanyak seratus orang dari anggota masyarakat di dua wilayah kecamatan tersebut dan dua orang dari PLN, dan teknik pengumpulan data adalah wawancara, kuisioner, studi dokumenter selanjutnya analisa data digunakan bentuk analisis deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perlindungan konsumen kurang diperhatikan oleh pihak PT.PLN, serta konsumen tidak pernah meneriman ganti rugi atas pemadaman secara mendadak tersebut (kecuali pemotongan tarif abonemen yang tidak sebanding dengan kerugian material yang ditanggung konsumen). Kondisi ini terjadi karena posisi konsumen berada pada posisi yang lemah mengingat perjanjian yang melatarbelakangi kesepakatan jual beli listrik terjadi secara sepihak, yaitu klausula perjanjian telah diatur oleh PT.PLN sehingga konsumen tidak memiliki nilai tawar apabila ada masalah di kemudian hari, sedangkan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pada pelaksanaannya di lapangan tidak dapat diterapkan karena konsumen telah mengikatkan dirinya dalam ketentuan berlangganan tenaga listrik, disamping itu konsumen lebih banyak diam dan masa bodoh terhadap padamnya listrik karena tidak memiliki pengetahuan hukum tentang ketenagalistrikan, oleh karena itu diharapkan adanya tindakan tegas kepada PT.PLN jika dalam pelaksanaannya masih mencantumkan klausula yang berat sebelah dalam ketentuan berlangganan tenaga listrik, selain itu perlu adanya campur tangan pemerintah untuk mengawasi dan membatasi berlakunya perjanjian baku yang dapat membebaskan pelaku usaha dari tanggung jawabnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/258/051003604
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2010 09:45
Last Modified: 21 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110736
[thumbnail of 051003604.pdf]
Preview
Text
051003604.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item