Tanggung Jawab PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dalam Menyelesaikan Masalah Gangguan Telkom Speedy : studi di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Kandatel Madiun

Sari, Yesika Evita (2010) Tanggung Jawab PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dalam Menyelesaikan Masalah Gangguan Telkom Speedy : studi di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Kandatel Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai tanggung jawab PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Kandatel Madiun dalam menyelesaikan masalah gangguan Telkom Speedy yang ditinjau dari dua sisi, yaitu dari Undang-Undang nomor 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, terkait dengan pelaksanaan Prinsip Good Corporate Governance, serta dari Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini juga membahas mengenai kendala yang dihadapi PT Telkom Kandatel Madiun dalam menyelesaikan masalah gangguan Telkom Speedy dan upaya-upaya untuk menyelesaikan hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yang dibatasi hanya dalam lingkup PT. Telkom Kandatel Madiun. Penulis menganalisis dan mendeskripsikan mengenai tanggung jawab Telkom apabila terjadi gangguan Telkom Speedy. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, berdasarkan teori-teori pustaka dan peraturan perundangundangan kemudian dihubungkan dengan kenyataan hukum yang terjadi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari dua sumber antara lain data primer diperoleh dengan melakukan wawancara secara langsung dan data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi di PT Telkom Kandatel Madiun dan studi pustaka berbagai peraturan perundang-undangan dan literatur yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa PT Telkom Kandatel Madiun telah berupaya menerapkan salah satu Prinsip Good Corporate Governance, yaitu Prinsip Pertanggungjawaban, sebagaimana diwajibkan dalam Undang-Undang Badan Usaha Milik Negara. Namun, Telkom masih belum melaksanakan tanggung jawab tersebut secara optimal. Telkom juga memberikan perlindungan terhadap konsumennya apabila terjadi gangguan Telkom Speedy. Perlindungan ini diwujudkan dengan melakukan perbaikan terhadap Telkom Speedy yang mengalami gangguan. Pelaksanaan tanggung jawab Telkom mengalami hambatan baik eksternal maupun internal. Hambatan yang paling utama adalah dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) masing-masing pihak, baik dari pihak Telkom maupun dari pihak konsumen. Hambatan tersebut diselesaikan secara eksternal dan internal pula oleh Telkom. Berdasarkan fakta tersebut, maka diharapkan PT Telkom dapat meningkatkan prestasinya dan dapat lebih meningkatkan kinerja perusahaan dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap konsumen jasa layanan Telkom Speedy sehingga citra perusahaan dapat meningkat dan tercapai keseimbungan kepentingan para stakehoder dalam perusahaan, agar terwujud Good Corporate Governance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/25/051000737
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2010 09:31
Last Modified: 21 Mar 2022 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110727
[thumbnail of 051000737.pdf]
Preview
Text
051000737.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item