Pelaksanaan Penerimaan Pegawai Bank Indonesia Berdasarkan Surat Edaran Intern No. 11/24/2009 : Studi Di Bank Indonesia Pusat Jakarta

Widiyantoro, Ristyan Wahyu (2010) Pelaksanaan Penerimaan Pegawai Bank Indonesia Berdasarkan Surat Edaran Intern No. 11/24/2009 : Studi Di Bank Indonesia Pusat Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penerimaan pegawai bagi Bank Indonesia adalah untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten guna mendukung pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan organisasi. Untuk tercapainya tujuan penerimaan pegawai tersebut ada kalanya Bank Indonesia mengalami kesulitan dalam melaksanakan penerimaan tersebut, dikarenakan tingginya passing grade yang ditetapkan oleh Bank Indonesia menyebabkan Bank Indonesia sendiri merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan SDM yang di inginkan. Bank indonesia memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan lembaga negara lainnya. Bank Indonesia memiliki independensi sebagaimana tercantum dalam pasal 4 ayat (2) UU Bank Indonesia. Independensi tersebut dimaksudkan untuk memberi jaminan terlaksananya tugas dan wewenang di bidang moneter yang diberikan oleh undang-undang Bank indonesia. Salah satu bentuk independensi tersebut terkait dengan kemandirian dalam bidang organisasi yang berkaitan erat dengan komposisi dan organ hukum Bank Indonesia serta sistem pengangkatan dan pemberhentian pegawai Bank sentral tersebut. Independensi yang dimiliki oleh Bank Indonesia menjadikan Bank indonesia dapat memilki pengaturan tersendiri terkait penerimaan pegawainya dan terlepas dari ketentuan hukum kepegawaian. Penerimaan pegawai Bank Indonesia mengacu pada peraturan intern Bank Indonesia berupa Surat edaran Intern No. 11 tahun 2009, yang terlepas dari peraturan penerimaan pegawai pada umumnya baik swasta maupun negeri. Undang-undang Nomor 10 Tahun 2004 hanya mengenal lima bentuk peraturan perundang-undangan yang berlaku secara hierarkis, yaitu Undangundang Dasar Negara Republik Indobnesia 1945, Undang-undang/PERPU, Peraturan Pemerintah, Peraturan presiden, dan Peraturan Daerah. Namun, dijelaskan lebih lanjut dalam pasal 7 ayat (4) UU No. 10 tahun 2004 bahwa peraturan lainnya disamping kelima bentuk tersebut sah dan mengikat sepanjang diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan diatasnya. Hal inilah yang mendorong penulis untuk membahas mengenai Pelaksanaan Penerimaan Pegawai Bank Indoensia Berdasarkan Surat Edaran Intern No. 11/24/2009 (Studi Di Bank Indonesia Pusat Jakarta). Metode pendekatan yang digunakan ialah yuridis sosiologis, meneliti dari segi hukum dengan melihat kejadian yang nyata/terjadi . Untuk melengkapi penelitian penulis menggunakan data primer berupa hasil wawancara secaralangsung dengan pihak-ihak dari bagian Direktorat Sumber Daya manusia Bank Indonesia yang terkait dengan Penerimaan Pegawai di Lingkungan Bank Indonesia. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa secara deskritif analisis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/249/051003595
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2010 10:37
Last Modified: 21 Mar 2022 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110726
[thumbnail of 051003595.pdf]
Preview
Text
051003595.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item