Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana denda terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas : Studi di Pengadilan Negeri Kota Malang

Tony, Iqbal Prasetya (2010) Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana denda terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas : Studi di Pengadilan Negeri Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lalu lintas dan angkutan jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional sebagai upaya untuk memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.Sebagai bagian dari sistem transportasi nasional,lalu lintas dan angkutan jalan harus dikembangkan potensi dan perannya untuk mewujudkan keamanan,kesejahteraan,ketertiban berlalu lintas dan angkutan jalan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi,dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga tercipta suasana lalu lintas dan angkutan jalan yang terpadu, otonomi daerah, serta akuntabilitas penyelenggaraan Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji jenis-jenis putusan pidana yang sering dijatuhkan oleh hakim terhadap pelaku pelanggaran peraturan lalu lintas di Pengadilan Negeri Malang serta untuk mengetahui dan mengkaji dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana denda terhadap pelaku pelanggaran peraturan lalu lintas di Pengadilan Negeri Malang. Metode Pendekatan yang digunakan ialah yuridis sosiologis yaitu suatu penelitian yang dilakukan sesuai dengan kenyataan yang terjadi dalam masyarakat dengan maksud untuk menemukan fakta,kemudian menemukan suatu permasalahan, kemudian menuju ke identifikasi masalah dan terakhir menuju pada penyelesaian masalah, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan para hakim Pengadilan Negeri Kota Malang dan studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data ialah teknik analisis data deskriptif analistis. Jenis putusan pidana yang sering dijatuhkan oleh hakim dalam perkara pelanggaran peraturan lalu lintas di Pengadilan Negeri Kota Malang adalah pidana denda,baru akan dijatuhi dengan pidana kurungan bila tidak mampu membayar denda. Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana denda terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas di Pengadilan Negeri Kota Malang adalah tingkat kesalahan pelanggaran yang disebabkan oleh pelaku,latar Belakang atau motivasi dari pelaku pelanggaran peraturan lalu lintas itu sendiri, kesengajaan dari pelaku pelanggaran peraturan lalu lintas itu sendiri. Untuk penjatuhan pidana terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas hendaknya dapat lebih tepat dijatuhi dengan pidana kurungan daripada pidana denda karena dengan dijatuhi pidana kurungan maka para pelaku pelanggaran lalu lintas menjadi jera dan tidak mengulangi perbuatannya tersebut kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/224/05100327
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2010 10:26
Last Modified: 21 Mar 2022 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110703
[thumbnail of 051003427.pdf]
Preview
Text
051003427.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item