Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Pelanggan Internet Produk Telkom Speedy atas Ketidak sesuaian Pengenaan Tagihan oleh PT Telkom : Studi Pada PT Telkom Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Malang

Murti, Gilang Wiryanu (2010) Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Pelanggan Internet Produk Telkom Speedy atas Ketidak sesuaian Pengenaan Tagihan oleh PT Telkom : Studi Pada PT Telkom Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas mengenai pelaksanaan perlindungan hukum bagi pelanggan Telkom Speedy yang mengalami ketidaksesuaian pengenaan tagihan oleh PT Telkom. Hal ini dilatarbelakangi oleh jumlah tagihan yang berbeda atas paket Speedy yang dipilih pelanggan dan sebagian besar mengalami jumlah tagihan yang lebih mahal hingga dikhawatirkan merugikan pelanggan. Tuntutan pelanggan atas haknya yang tercantum dalam standart contract antara PT Telkom dengan pelanggan mengenai penerimaan restitusi dapat dilaksanakan sesuai perjanjian. Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum bagi pelanggan Telkom Speedy yang mengalami ketidaksesuaian pengenaan tagihan oleh PT Telkom, (2) Apa yang menjadi kendala pelaksanaan perlindungan konsumen bagi pelanggan Telkom Speedy yang mengalami ketidaksesuaian pengenaan tagihan oleh PT Telkom, dan (3) Apa upaya yang dilakukan oleh PT Telkom untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan Telkom Speedy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan metode penelitian yuridis sosiologis yaitu mengkaji permasalahan pengenaan tagihan oleh PT Telkom dengan melihat fakta yang terjadi di lapangan itu sendiri secara objektif, yang kemudian di analisa dengan menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pelaksanaan pemberian restitusi atau ganti rugi hanya dapat diperoleh jika terbukti ada kesalahan tagihan yang dilakukan oleh Telkom, hal ini tidak berlaku jika kesalahan yang dilakukan oleh pengguna sendiri yaitu berdasarkan ketentuan Kontrak Berlangganan Sambungan Telekomunikasi Telkom Speedy Pasal 3 ayat 1 huruf (e) mengenai pemberian restitusi pembayaran tagihan. Kendala pelaksanaan perlindungan konsumen yang dilakukan PT Telkom dapat berasal dari pelanggan Telkom Speedy itu sendiri atau dari pihak Telkom yang mengalami kelalaian. PT Telkom melakukan upaya berupa mengadakan sosialisasi atas produk Telkom Speedy secara detail untuk memeberikan pemahaman kepada pengguna atas spesifikasi produk internetnya. Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas, maka PT Telkom seharusnya lebih meningkatkan pelayanan kepada pelanggan berupa pemberian sosialisasi-sosialisasi atas spesifikasi produk. Demikian pula konsumen dalam melakukan kesepakatan terlebih lagi jika perjanjian dilakukan dengan kontrak baku seharusnya lebih cermat dalam memahami isi perjanjian pada setiap klausula guna menghindari kerugian yang diakibatkan oleh kurangnya pemahaman konsumen itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/216/051003371
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2010 13:37
Last Modified: 21 Mar 2022 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110694
[thumbnail of 051003371.pdf]
Preview
Text
051003371.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item