Analisis merger bank sebagai opsi dalam Single Presence Policy berdasarkan Undang – Undang Anti Monopoli dan Persaingan usaha tidak sehat

Wahyuni, Zafrina Putri (2010) Analisis merger bank sebagai opsi dalam Single Presence Policy berdasarkan Undang – Undang Anti Monopoli dan Persaingan usaha tidak sehat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem perbankan di Indonesia dewasa ini belum berjalan dengan baik, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah lemahnya fungsi pengawasan dan pengaturan perbankan. Bank Indonesia (BI) menerbitkan Arsitektur Perbankan Indonesia (API) dan Single Presence Policy (SPP). SPP adalah kebijakan agar bank melakukan penataan kembali struktur kepemilikannya melalui pelepasan saham, merger atau membentuk Bank Holding Company. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pengaturan single presence policy dalam hukum ekonomi khususnya di lingkup perbankan dan untuk menganalisis tentang peraturan yang berkaitan dengan merger bank sehingga tidak menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan monopoli dalam bidang perbankan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridis normatif sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang – undangan dan pendekatan konseptual yang kemudian oleh penulis akan menganalisis hasil dan menggunakan intrepetasi analisis gramatikal. Berdasarkan latar belakang maka penulis merumuskan masalah dalam skripsi ini yaitu, apakah pengaturan Single Presence Policy terhadap merger bank di Indonesia sudah tepat serta bagaimana pengaturan merger bank yang tepat sesuai dengan UU anti monopoli dan persaingan usaha tidak sehat Pengaturan merger bank di Indonesia berdasarkan Single Presence Policy sudah tepat dalam kerangka konsolidasi perbankan perlu dilakukan untuk merestrukturisasi kepemilikan bank dan untuk menunjang Arsitektur Perbankan Indonesia (API). Merger bank dapat menimbulkan monopoli yang akan merugikan persaingan usaha tidak sehat. Di Indonesia sendiri pelaksanaan merger bank tidak sesuai dengan Undang – Undang Anti Monopoli dan Persaingan Usaha tidak Sehat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/207/051003077
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2010 09:25
Last Modified: 21 Mar 2022 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110684
[thumbnail of 051003077.pdf]
Preview
Text
051003077.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item