Efektivitas Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan Dalam Upaya Perlindungan Anak di Lembaga Pemasyarakatan Dewasa : Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru Kota Malang

Muditha, Carol Ricky (2010) Efektivitas Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan Dalam Upaya Perlindungan Anak di Lembaga Pemasyarakatan Dewasa : Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai efektivitas pelaksanaan pembinaan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan yang penempatannya dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Dewasa. Keefektivitasan tersebut menitik beratkan pada masalah pemenuhan hak-hak Anak Didik Pemasyarakatan serta perlindungan anak. Penelitian ini juga membahas hambatan-hambatan dan kendala-kendala yang dialami pihak Lembaga Pemasyarakatan dalam pelaksanaan pembinaan tersebut, serta upaya penegakan instrument hukum nasional dalam mengatasi hambatan-hambatan dan kendalakendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yang dibatasi hanya dalam lingkup Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru Malang. Penulis menganalisis dan mendeskripsikan mengenai efektivitas pelaksanaan perlindungan anak dalam rangka pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan yang ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan Dewasa, khususnya di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru Malang. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif analisis, memaparkan data-data yang diperoleh dari penelitian secara sistematis kemudian dianalisa untuk memperoleh suatu kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari dua sumber antara lain data primer diperoleh dengan melakukan wawancara secara langsung dan data sekunder diperoleh melalui studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru Malang dan studi pustaka berbagai peraturan perundang-undangan dan literatur yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa sesuai dengan peraturan perundangan yang ada, yaitu Undang-undang Perlindungan Anak, Undang-undang Pengadilan Anak, dan Undang-undang Pemasyarakatan, sesungguhnya Anak Nakal atau anak yang berhadapan dengan hukum harus mendapatkan perlindungan secara khusus, dan sebenarnya penempatan Anak yang berhadapan dengan hukum tersebut harus dipisahkan dari narapidana dewasa. Sebagai upaya perlindungan anak, dapat diwujudkan melalui program pembinaan yang dilaksanakan selama anak-anak tersebut menjalani proses pidana sampai mereka selesai menjalani pidananya dan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan, dengan menitik beratkan peranan Lembaga Pemasyarakatan dalam kegiatan pembinaan yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Sebagai Lembaga Pemasyarakatan Kelas I terbaik di Indonesia, dan telah mendapatkan sertifikat ISO, Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru telah melaksanakan program pembinaan secara baik, namun sayangnya pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan tersebut hanya menitik beratkan pada pembinaan kepribadian, padahal pembinaan kemandirian sangat berguna bagi kehidupan anak tersebut kelak setelah mereka keluar dari Lembaga Pemasyarakatan. Ditemui beberapa hambatan dan kendala dalam pelaksanaan pembinaan tersebut, diantaranya adalah masalah terbatasnya sarana dan prasarana serta kurangnya SDM dari pihak Lembaga Pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/205/051003075
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2010 09:42
Last Modified: 21 Mar 2022 04:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110682
[thumbnail of 051003075.pdf]
Preview
Text
051003075.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item