Implementasi Sistem e-Procurement PLN Sebagai Aplikasi Pendukung Good Corporate Governance (Studi Analisa di PT PLN (Persero) : studi di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang

Dewi, Riska Ulfasari (2010) Implementasi Sistem e-Procurement PLN Sebagai Aplikasi Pendukung Good Corporate Governance (Studi Analisa di PT PLN (Persero) : studi di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi sistem e-procurement dalam mendukung Good Corporate Governance PT PLN (Persero) APJ Malang yang mengacu pada Keppres No 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Dalam penelitian ini dibahas mengenai kendala yang dihadapi oleh PT PLN (Persero) APJ Malang dalam mengimplementasikan sistem e-procurement dan upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yang dibatasi hanya dalam lingkup PT. PLN (Persero) APJ Malang. Penulis menganalisis dan mendeskripsikan implementasi sistem e-procurement dalam mendukung terlaksananya GCG PLN. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis) untuk data primer dan deskriptif kualitatif untuk data sekunder, berdasarkan teori-teori pustaka dan peraturan perundang-undangan kemudian dihubungkan dengan kenyataan hukum yang terjadi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari dua sumber antara lain data primer diperoleh dengan melakukan wawancara secara langsung dan data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi di PT PLN (Persero) APJ Malang dan studi pustaka berbagai peraturan perundang-undangan dan literatur yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa PT PLN (Persero) APJ Malang baru menggunakan sistem e-procurement pada awal tahun 2009 padahal dari PLN Pusat sudah mengoptimalkan sistem e-procurement tahun 2003, hal ini disebabkan karena belum adanya kesiapan infrastruktur dan SDM untuk dapat menunjang penerapan sistem e-procurement. Selama satu tahun penerapan sistem e-prcurement dapat dilihat hasil yang memuaskan dan berdasar analisis yang dilakukan, sistem e-procurement PLN APJ Malang telah berhasil mengimplementasikan prinsip-prinsip GCG terutama prinsip transparansi dan kewajaran (fairness) terbukti dengan meningkatnya kinerja perusahaan. Kendala yang diperoleh selama penerapan sistem e-procurement PLN tersebut terdiri atas kendala eksternal yang berasal dari pihak penyedian barang/jasa dan kendala internal yang berasal dari tubuh PLN APJ Malang sendiri antara lain faktor sistem, budaya, dan SDM. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala tersebut juga terdiri atas upaya eksternal dan upaya internal. Berdasarkan fakta tersebut, maka diharapkan PT PLN (Persero) APJ Malang dapat mempertahankan prestasi yang telah dicapainya dan dapat lebih meningkatkan kinerja perusahaan dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap pengguna jasa layanan PLN sehingga citra perusahaan dapat meningkat dan tercapai keseimbangan kepentingan para stakehoder dalam perusahaan. Selain itu diharapkan dengan penerapan pirnsip-prinsip GCG pada sistem e-procurement dapat lebih meningkatkan transaparansi sehingga persaingan usaha yang sehat dapat terwujud dalam penerapan sistem e-procurement ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/19/051000725
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2010 10:39
Last Modified: 21 Mar 2022 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110670
[thumbnail of 051000725.pdf]
Preview
Text
051000725.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item