Tugas dan Fungsi Perwakilan Konsuler dalam Memberikan Perlindungan Hukum terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang Bekerja sebagai Pembantu/Pekerja Rumah Tangga (PRT) : Analisa Yuridis terhadap Kasu

Dianne, Fransiska Ayu (2010) Tugas dan Fungsi Perwakilan Konsuler dalam Memberikan Perlindungan Hukum terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang Bekerja sebagai Pembantu/Pekerja Rumah Tangga (PRT) : Analisa Yuridis terhadap Kasu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai Tugas dan Fungsi Perwakilan Konsuler dalam Memberikan Perlindungan Hukum terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang Bekerja sebagai Pembantu/Pekerja Rumah Tangga (PRT) (Analisa Yuridis terhadap Kasus Nirmala Bonat dan Keni binti Carda), yang dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya TKI yang bekerja di sektor informal sebagai PRT, dikirim bekerja di luar negeri tetapi tidak diimbangi dengan perlindungan hukum yang memadai. Sehingga menyebabkan banyak kasus kekerasan yang menimpa PRT. Contoh kasus PRT yang mengalami kekerasan adalah Nirmala Bonat dan Keni binti Carda. Permasalahan yang diteliti adalah (1) tugas dan fungsi perwakilan konsuler Indonesia dalam memberikan perlindungan hukum terhadap TKI di luar negeri dan (2) bentuk perlindungan hukum yang dilakukan oleh perwakilan konsuler Indonesia dalam menangani kasus Nirmala Bonat di Malaysia dan Keni binti Carda di Arab Saudi. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Penelitian hukum dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan hukum dari sumber pustaka yang berkaitan dengan tugas dan fungsi konsuler. Penulis memperoleh jawaban bahwa salah satu tugas dan fungsi perwakilan konsuler adalah melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di wilayah penerima. Hal tersebut berlaku juga bagi TKI. Perlindungan hukum yang diberikan kepada TKI berupa asistensi (bantuan dan penyuluhan hukum), mediasi, repatriasi, diplomasi serta citizen service. Bentuk perlindungan hukum yang dilakukan oleh perwakilan konsuler Indonesia dalam menangani kasus Nirmala Bonat dan Keni binti Carda adalah memfasilitasi dengan bantuan pengacara dan penampungan. Untuk memperoleh keadilan di pengadilan negara penerima TKI, perwakilan konsuler memberikan pengacara kepada Nirmala Bonat dan Keni binti Carda. Selama menunggu proses penyelesaian kasus di pengadilan, Nirmala Bonat dan Keni binti Carda tinggal di penampungan yang telah disediakan oleh perwakilan konsuler. Berdasarkan analisa tersebut maka diperlukan adanya sikap tegas dari pemerintah melalui perwakilan konsuler yang mempunyai kemampuan untuk melakukan diplomasi-diplomasi yang lebih aktif dalam melindungi TKI yang bekerja sebagai PRT dan pemerintah juga berkewajiban untuk meningkatkan kualitas PRT yang akan bekerja di luar negeri sehingga kasus-kasus kekerasan terhadap TKI yang bekerja sebagai PRT dapat diminamilisir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/186/051003056
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2010 14:07
Last Modified: 21 Mar 2022 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110666
[thumbnail of 051003056.pdf]
Preview
Text
051003056.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item