Upaya Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dari Sektor Pajak Hiburan : Studi di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro

Prawira, Githa Evans Dwi (2010) Upaya Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dari Sektor Pajak Hiburan : Studi di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa upaya dinas pendapatan daerah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hiburan, mendiskripsikan dan menganalisa hambatan dinas pendapatan daerah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hiburan serta solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan hambatan tersebut. Metode Penelitian yang digunakan di dalam penulisan ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Metode penelitian Yuridis sosiologis disini dimaksudkan untuk mengkaji dari segi hukum atau peraturan yang berhubungan dengan upaya Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hiburan. Dengan cara pengambilan sample responden yang dilakukan dengan cara Purposive Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Dari pembahasan yang telah dilakukan diketahui bahwa upaya dinas pendapatan daerah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hiburan adalah Intensifikasi, Ekstensifikasi, dan Program Reguler. Bahwa hambatan dinas pendapatan daerah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hiburan adalah adanya Perlawanan Pasif Terhadap Pajak dan Perlawanan Aktif Terhadap Pajak. Bahwa solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan hambatan dinas pendapatan daerah Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hiburan adalah melakukan perbaikan dan evaluasi terkait dengan faktor internal maupun faktor eksternal dan bahwa potensi wisata dan tempat hiburan di Kabupaten Bojonegoro belum memberikan sumbangan yang signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bojonegoro. Selanjutnya yaitu saran yang dapat diberikan oleh penulis terkait dengan hasil pembahasan dan kesimpulan adalah agar Pemerintah selaku pembuat kebijakan (policy maker) khususnya dalam membuat kebijakan yang terkait dengan pajak hiburan tidak terpengaruh pada kepentingan-kepentingan di luar hukum seperti politik, keadilan, ideologi dan lain-lain, agar segera melakukan evaluasi terhadap sistem kerja dinas pendapatan daerah dan meningkatkan kualitas dan mental para pegawai dipenda Kabupaten Bojonegoro dan agar melakukan koordinasi lintas kelembagaan dan menjalin kemitraan dengan swasta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bojonegoro khususnya dari sektor pajak hiburan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/175/051003044
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2010 08:40
Last Modified: 21 Mar 2022 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110657
[thumbnail of 051003044.pdf]
Preview
Text
051003044.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item