Kekuatan Pembuktian Log File Sebagai Alat Bukti Dalam Tindak Pidana Siber Dan Telematika Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 (KUHAP) Dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 (UU ITE)

Juandari, Suheti (2010) Kekuatan Pembuktian Log File Sebagai Alat Bukti Dalam Tindak Pidana Siber Dan Telematika Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 (KUHAP) Dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 (UU ITE). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengunaan komputer yang makin ramai di dunia termasuk di Indonesia dan membawa banyak pengaruh, baik positif maupun negatif. Dampak negatif yang dapat terjadi adalah adanya kejahatan yang dilakukan melalui komputer tersebut. Untuk itu diperlukan hukum yang mengaturnya, yang kini telah muncul hukum pidana siber dan telematika. Satu hal yang tidak kalah penting adalah proses pembuktian untuk mengungkap kejahatan siber dan telematika yang biasanya rumit. Penggunaan logfile, yaitu catatan yang memuat seluruh kegiatan yang dilakukan oleh sebuah komputer adalah cara yang dilakukan oleh penyidik. Untuk itu skripsi ini mengangkat permasalahan mengenai nilai pembuktian logfile sebagai alat bukti dalam tindak pidana siber dan telematika dan dampak yuridis dari kekuatan pembuktian logfile dalam kasus siber dan telematika. Dalam melakukan analisa digunakan metode penelitian yuridis-normatif, yaitu dengan pendekatan undang-undang. Teknik analisa data dalam meneliti permasalahan pada penelitian ini digunakan teknik interpretasi sistematis, yang menafsirkan peraturan perundang-undangan dengan menghubungkannya dengan peraturan hukum atau undang-undang lain atau dengan keseluruhan sistem hukum. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa keberadaan logfile sebagai alat bukti digital belum diakui sebagaimana tercantum dalam pasal 184 KUHAP, namun dengan adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE yang menyebutkan mengenai keabsahan alat bukti lain selain yang telah tercantum dalam KUHAP. Sehingga logfile, yang telah memenuhi unsur-unsur sebagai alat bukti digital kini mampu menjadi alat bukti yang sah dan diakui di pengadilan guna mengungkap kejahatan siber dan telematika berdasarkan UU ITE pasal 5 ayat (1). Oleh karena perkembangan pemikiran inilah maka logfile telah dapat dipertanggungjawabkan keaslian dan keakuratannya dalam mengungkap kejahatan yang terjadi di dunia maya serta mempermudah tugas penyidik dalam mencari pelaku tindak pidana tersebut. Hal ini tentunya juga harus didukung dengan kemampuan para penyidik di bidang IT, sehingga memperlancar proses penyidikan dan dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat pada kinerja kepolisian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/167/051003036
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2010 10:03
Last Modified: 21 Mar 2022 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110648
[thumbnail of 051003036.pdf]
Preview
Text
051003036.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item