Optimalisasi Pemungutan Pajak Reklame Oleh Kantor Pelayanan Terpadu Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah” : studi di Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar

RizaAsrori, Mochamad (2010) Optimalisasi Pemungutan Pajak Reklame Oleh Kantor Pelayanan Terpadu Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah” : studi di Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Optimalisasi Pemungutan Pajak Reklame Oleh Kantor Pelayanan Terpadu Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yang dilakukan di Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar ini dilatorbelakangi oleh kecilnya kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah dan masih banyaknya pelanggaran ijin reklame di Kota Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganilis pelaksanaan pemungutan pajak reklame di Kota Blitar pada periode tahun 2007 sampai dengan 2009, yang selanjutnya menemukan dan menganalisis kendala – kendala yang timbul dalam pelaksanaan pemungutan pajak reklame serta untuk mengetahui upaya optimalisasi yang dilakukan Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar. Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Yuridis Sosiologis. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara dengan para pejabat Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar yang sekaligus sebagai populasi dalam penelitian ini dan data sekunder yang diperoleh dengan cara studi kepustakaan literatur dan data dari pihak – pihak yang terkait dengan permasalahan pajak reklame. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif analysis dan content analysis Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pemungutan pajak reklame di Kota Blitar yang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar pada periode tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 belum optimal. Walaupun sudah memenuhi target, tetapi kontribusinya pada pendapatan asli daerah masih sangat kecil, yaitu di kisaran 1 % saja dari keseluruhan pendapatan asli daerah Kota Blitar. Kendala – kendala yang sering dihadapi dalam pelaksanaan pemungutan pajak reklame antara lain kurangnya sarana dan prasarana kantor, kualitas dan kwantitas pegawai yang kurang memadai serta rendahnya kesadaran Wajib Pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya. Solusi yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar dalam upaya optimalisasi pemungutan pajak reklame adalah melakukan pendataan secara terperinci dan tersimpan, mengajukan permohonan perubahan atas Surat Keputusan Walikota Blitar Nomor 64 Tahun 1999 tentang Petunjuk Pelaksanaan PERDA No 6 Tahun 1998 tentang Pajak Reklame, mengadakan pendekatan personal dengan Wajib Pajak, dalam penagihan dilakukan dengan cara pendekatan kekeluargaan, serta dengan melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi yang terkait dan melakukan studi banding ke daerah lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/051000722
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2010 11:48
Last Modified: 21 Mar 2022 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110634
[thumbnail of 051000722.pdf]
Preview
Text
051000722.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item