Upaya Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Pengelolaan Retribusi Pasar di Kabupaten Blitar berdasarkan Peraturan Daerah n0. 3

DonaMargaretha (2010) Upaya Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Pengelolaan Retribusi Pasar di Kabupaten Blitar berdasarkan Peraturan Daerah n0. 3. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini perbincangan tentang ekonomi yang di terapkan dalam era pemerintahan daerah di Indonesia masih terus berlangsung dan mendapatkan perhatian yang serius. Salah satusegi yang menjadiperhatian, terutama adalah peletakan titik berat otonomi pada kabupaten dan kota sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam hal ini Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah telah direvisi menjadi Undang-undang Nomor 12 Tahun 2008 Tentang Pemerintahan Daerah. Tetapi dalam pelaksanaanya di Kabupaten Blitar masih berpedoman pada Undang-undang Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah. Dengan kewenangan yang dimiliki, daerah berhak mengelola sumberdaya yang ada untuk menyelenggarakan urusan rumah tangganya. Dalam rangka mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah di kabupaten/kota maka sektor pajak dan retribusi daerah merupakan sektor yang sangat berpotensi untuk di gali dan di kembangkan. Dengan demikian diharapkan daerah mampu menunjukkan bahwa penerimaan retribusi mampu memberikan kontribusi besar terhadap Pendapatan Asli Daerah. Oleh karena itu penulis mengambil judul “Upaya Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Dalam Meningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Pengelolaan Retribusi Pasar Di Kabupaten Blitar Berdasakan Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2005”, dengan fokus penelitian tentang pelaksanaan pengelolaan retribusi pasar yang di lakukan oleh Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Blitar dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Pengeloaan retribusi pasar yang di lakukan oleh Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah secara umum sudah baik, tetapi jika dilihat dari persentasenya selama lima tahun terakhir ini mengalami penurunan. Sehingga di perlukan peran Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah dalam meningkatkan pengelolaan retribusi pasar tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan yuridis sosiologis. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah empat orang aparat Dinas Pendapatan Pengelola Keuangandan Asset Daerah dan 4 orang pedagang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposif sampling. Peran Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah dalam pengelolaan retribusi pasar telah digariskan dalam visi dan misi serta tugas pokok dan fungsi. Pengelolaan retribusi pasar meliputi pelaksanaan kebijakan tentang pengelolaan retribusi pasar dan proses pengelolaan retribusi pasar. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal maka diperlukan upaya-upaya dari Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah yang dapat meningkatkan pengelolaan retribusi pasar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010 /226/051003429
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2010 10:04
Last Modified: 24 Nov 2010 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110633
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item